Remaja Canggung Jadi Miliarder, Ini Perjalanan Kylie Jenner

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
15 December 2020 19:45
Kylie Jenner (Instagram/kyliejenner)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kylie Kristen Jenner bukan nama baru di dunia hiburan Hollywood. Ia termasuk dalam keluarga Kardashian-Jenner yang terkenal dengan banyak kontroversi dan prestasi. Kylie merupakan anak dari pasangan Kristen Mary Houghton dan William Bruce Jenner, yang kini bernama Caitlyn Marie Jenner setelah menjadi transgender.

Selain menjadi adik dari kakak kandung Kendall Nicole Jenner, Kylie juga merupakan adik tiri dari Kourtney Mary Kardashian, Kimberly Noel Kardashian West, Khloé Alexandra Kardashian, Robert Arthur Kardashian.


Namun, ia tumbuh berkembang melebihi kakak-kakaknya. Kylie, yang kini berusia 23 tahun, tumbuh dari remaja canggung di serial Keeping Up With the Kardashians (KUWTK) menjadi pengusaha kontroversial dengan cap miliarder termuda 'self-made' di dunia.

Dikelilingi oleh koleksi tas tangan Chanel dan Louis Vuitton senilai US$ 1 juta, garasi yang penuh dengan Ferrari, Lamborghini, dan Rolls-Royce, serta ketenaran Instagram dan TikTok, berikut perjalanan Kylie sebagai pengusaha sukses, sebagaimana dilaporkan Luxury Launches.


2007-2012

Perjalanan Kylie mungkin dimulai dengan dia sebagai remaja canggung dalam serial reality show keluarganya, KUWTK. Namun, selama bertahun-tahun dia dan kakak kandungnya, Kendall menjadi ikon global.

Majalah Seventeen memuji mereka sebagai bintang gaya tahun 2011, dan mereka muncul di video musik untuk musisi seperti Jaden Smith, menulis novel fiksi ilmiah distopia Rebels: City of Indra dan sekuelnya, dan memenangkan hati jutaan remaja di seluruh dunia sebagai bintang terkenal yang terpukul.


2014-2016

Perlahan tapi pasti, kakak-beradik dari klan Kardashian-Jenner beralih ke kewirausahaan. Mereka meluncurkan lini pakaian Kendall + Kylie dengan pengecer mode Inggris Topshop pada 2015 dan game seluler Kendall dan Kylie pada 2016.

Pada 2014 dan 2015, majalah Time menyatakan Kylie dan Kendall sebagai dua remaja paling berpengaruh di dunia karena dampak kolektif mereka di media sosial. Kylie memanfaatkan ketenaran internetnya dan meluncurkan lini makeup Kylie Cosmetics (aslinya Kylie Lip Kits) pada 2015, merek dagang frasa "Kylie Lip Kits untuk cibiran sempurna" pada usia 17.

Bahkan skandal media sosial tampaknya berhasil untuk Kylie. Meskipun dia akhirnya mengaku menggunakan lip filler pada 2015 setelah banyak spekulasi penggemar, dia masih menjual 15.000 paket make up bibir yang terdiri dari lip liner dan lipstik yang cocok pada tahun yang sama, mencapai 500.000 paket pada 2016.


2016-2019

Kylie kemudian memiliki beberapa kolaborasi Kylie Cosmetics yang sukses dengan keluarganya. Dia melakukan kolaborasi Hari Ibu dengan ibunya, Kris; wewangian dari saudara tiri Kim dan mereknya, KKW Beauty; dan tiga kemitraan dengan saudara tiri Khloé termasuk Kylie Cosmetics x Koko Kollection.

Berkat Kylie Cosmetics, Kylie diangkat sebagai pemain utama di dunia kosmetik, dengan klaim bahwa penghasilannya tumbuh lebih dari US$ 300 juta dalam setahun. Penjualan tampaknya tumbuh secara eksponensial, dan pada 2019 Forbes telah menyatakan Kylie sebagai "miliarder termuda di dunia yang memiliki usaha sendiri". Dia juga meluncurkan merek perawatan kulit Kylie Skin pada 2019.


2020

Kylie menjual 51% Kylie Cosmetics kepada perusahaan kecantikan raksasa Coty Inc. dalam kesepakatan senilai US$ 1,2 miliar, secara pribadi mengantongi US$ 600 juta. Jumlah pengikut Instagram-nya melonjak hingga lebih dari 200 juta sementara tagar #RiseandShine-nya mencapai satu miliar tampilan di TikTok, menjadikannya tren tagar yang tumbuh paling cepat di platform.

Kylie juga mendapatkan berbagai dukungan yang berhasil dengan brand Calvin Klein, Puma, dan OPI, dan semakin menarik perhatian dengan mengunggah foto dirinya dan putrinya, Stormi Webster di media sosial. Hingga kini Kylie menjadi ratu bisnis dengan kekuatan yang besar.

Namun, setelah diketahui bahwa klaim Kylie tentang kekayaannya yang dibesar-besarkan, jauh melampaui kenyataan, awal tahun ini, Forbes membatalkan penilaiannya terhadap status miliarder Kylie, menuduh dirinya dan keluarganya memalsukan dokumen pajak, memalsukan angka penjualan, dan menyesatkan investor, analis, dan seluruh industri. Tentu hal ini menimbulkan keributan publik.

Kylie, sementara itu, menolak klaim publikasi tersebut sebagai fitnah dan tampaknya puas untuk terus menikmati gaya hidupnya yang mewah, terlepas dari berapa banyak uang yang sebenarnya ada di dompetnya. Dia memiliki rumah besar yang luas di Hidden Hills, Los Angeles senilai US$ 16 juta dan satu lagi di Holmby Hills senilai US$ 36,5 juta.

Ia bahkan mendedikasikan seluruh ruangan untuk koleksi tas tangan kesayangannya, yang dilaporkan bernilai US$ 1 juta dan menampilkan lebih dari 400 barang oleh Hermès, Louis Vuitton dan Chanel, banyak di antaranya adalah edisi terbatas. Dia juga menyukai mobil mewah dan memiliki beberapa Rolls-Royce, Ferrari, Lamborghini, dan banyak lagi. Di antara banyak pembelian eksentrik lainnya adalah kuda poni US$ 200.000 untuk anak semata wayangnya, Stormi.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading