Bunda, Ini 7 Tanaman Hias yang Mudah Dirawat di Dalam Ruangan

Lifestyle - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
13 December 2020 16:55
Lidah Buaya (Image by Stephanie Edwards from Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 telah membuat banyak masyarakat memiliki hobi baru. Salah satunya merawat tanaman hias.

Kondisi yang mengharuskan untuk tetap berada di rumah membuat banyak masyarakat yang memilih merawat tanaman yang dengan mudah bisa dilakukan. Tapi tidak semua masyarakat memiliki halaman yang luas bahkan balkon untuk menanam tanaman hias.

Namun, jangan khawatir. Karena saat ini banyak tanaman hias yang bisa di rawat di dalam rumah atau indoor. Bahkan tanaman ini awet dan tidak mudah mati meski berada di dalam ruangan.

Dilansir dari haibunda.com, setidaknya ada 7 tanaman hias indoor yang awet dan tidak mudah mati yang bisa dipilih bagi Anda yang sibuk tapi ingin memiliki tanaman.

Sansevieria
Tanaman hias sansevieria atau lidah mertua sampai sekarang masih banyak peminat. Tidak mengherankan karena sansevieria bisa buat ditanam di halaman rumah, maupun menjadi tanaman hias indoor.

Daunnya berwarna hijau dengan corak kekuningan. Bentuk daunnya pipih, meruncing di ujungnya, dan tumbuh tegak menjulang ke atas.

Tentu saja, sansevieria mudah dirawat. Bunda perlu menyiramnya jika dirasa tanah sudah mulai kering.

Menariknya lagi, tanaman hias ini bermanfaat sebagai pembersih udara. Sansevieria dapat menyerap racun seperti benzena, formaldehida, dan trikloroetilen melalui daun serta akarnya.

Kaktus
Tanaman hias kaktus banyak yang bertubuh mungil. Di sekeliling tubuhnya terdapat duri, jadi Bunda perlu hati-hati saat ingin menaruhnya di dalam rumah.

Tanaman hias kaktus memang begitu unik. Kaktus termasuk tanaman penyimpan air terbaik dari spesies lainnya dan kuat bertahan hidup dalam berbagai kondisi. Tak mudah mati nih.

Cara merawatnya pun sangat mudah. Siram tanaman secukupnya, jika tanah di pot sudah benar-benar kering.

Lidah buaya
Tanaman hias lidah buaya memiliki bentuk yang unik. Tanaman hias ini tak berdaun persis seperti pada umumnya.

Daunnya berbentuk panjang dan agak meruncing ujungnya, dengan sisi dalamnya terdapat semacam gel berwarna bening. Sementara tepian daun terdapat duri-duri tajam.

Biasanya tanaman lidah buaya ditanam di kebun. Namun ternyata lidah buaya dapat ditanam di dalam rumah juga kok.

Cara merawatnya pun gampang. Letakkan tanaman hias di area yang terkena sinar matahari langsung. Jadi letakkan pot tanaman hias lidah buat dekat jendela saja.



Spider plant
Spider plant mungkin sering dijumpai di berbagai tempat, karena memang sudah terkenal sejak lama. Tanaman hias ini memiliki daun pipih panjang berwarna hijau, dengan sedikit putih di tepinya.

Spider plant cocok banget ditanam dalam pot kecil buat hiasan di rumah. Selain itu, spider plant berguna menyaring udara.

Menariknya lagi, cara merawatnya terbilang cukup mudah. Mirip seperti ketentuan kaktus, Bunda bisa siram spider plant saat sebagian tanah mulai mengering.

Rhipsalis
Tanaman hias rhipsalis bentuknya silinder kecil memanjang dan agak tebal. Warnanya hijau tua.

Bunda dapat menanam tanaman hias rhipsalis dalam pot berukuran kecil hingga besar. Dalam satu pot kecil, rhipsalis dalam tumbuh dengan baik hingga pot tampak penuh.

Supaya perkembangan tanaman hias ini tetap baik, taruh di dekat jendela. Tanaman hias rhipsalis menyukai sinar matahari yang terang namun tidak langsung terpapar.

Nolina
Tanaman hias nolina juga termasuk yang awet dan tak mudah mati. Nolina mempunyai daun yang menyerupai kuncir kuda, maka disebut juga sebagai ponytail palm.

Dengan daun yang terlihat acak-acakan, tanaman hias ini lengkap pula dengan bonggol batang yang besar. Bentuknya begitu unik.

Tanaman hias nolina termasuk ke dalam jenis sukulen. Artinya, tanaman hias ini akan tumbuh subur dalam kondisi cahaya terang atau sedang. Cara merawatnya juga cukup siram tanaman saat tanah kering. Jangan sering-sering disiram.

ZZ Plant
Zamioculcas zamiifolia secara umum dikenal sebagai ZZ plant. Ini banyak diincar para pecinta tanaman hias.

Banyak orang meletakkan tanaman hias ZZ plant di rumah maupun kantor. Selain bentuknya indah dan tahan banting, tanaman hias ZZ plant diyakini bisa membawa keberuntungan.

BERITA SELENGKAPNYA >>> KLIK DI SINI



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading