Aminkan Ya! Gaji Karyawan RI Naik Paling Tinggi Tahun Depan

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
20 November 2020 15:57
INFOGRAFIS, Bantuan Subsidi Gaji Tenaga Kerja

Jakarta, CNBC IndonesiaGaji di Asia Pasifik diperkirakan akan tumbuh pada tingkat yang lebih tinggi daripada bagian bumi lainnya pada tahun 2021. Ini sebagai sinyal bahwa kawasan tersebut sedang bangkit dari pandemi corona (Covid-19).

Dilansir CNBC Make It dari perusahaan konsultan ECA International, gaji di Asia Pasifik diperkirakan akan naik rata-rata 4,3% tahun depan. Bahkan saat gaji global melemah.



Lalu negara mana saja itu?

Kabar baiknya adalah, Indonesia diramal memimpin kenaikan gaji tahun 2021, dari total 10 negara. Diperkirakan, RI akan melihat pertumbuhan upah riil sebesar 3,8% pada tahun 2021, naik dari 2,6% pada tahun 2020.



Alasannya karena pengusaha melemah terhadap tuntutan kenaikan upah. Selain itu inflasi terus turun.

Sementara itu di posisi kedua ada Israel dengan kenaikan 2,8%. Dan, di posisi ketiga terdapat Singapura dan Thailand dengan kenaikan 2,7%.

Colombia menjadi negara di luar kawasan yang mungkin juga akan mengalami kenaikan. Di mana, d 2021 gaji riil naik 2,7% dari sekarang yang justru -0,2%.

Sementara di posisi enam hingga 10 terdapat, Korea Selatan, China, India, Kamboja, dan Bangladesh. Kenaikan di antara 2,1% hingga 2,6%.

Secara umum Asia Pasifik telah menghindari penguncian (lockdown) corona. Ini membuka jalan bagi pemulihan ekonomi yang lebih cepat.

"Perusahaan yang berbasis di belahan dunia lain seperti Amerika Serikat dan negara-negara Timur Tengah melihat kenaikan gaji secara lebih konservatif," katanya lembaga itu.


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading