Resmi, Etihad Buka Penerbangan Abu Dhabi-Tel Aviv Maret 2021

Lifestyle - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
16 November 2020 17:47
FILE PHOTO: An Etihad Boeing 787-9 Dreamliner aircraft takes off from Zurich Airport January 9, 2018. REUTERS/Arnd Wiegmann/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Maskapai penerbangan nasional Uni Emirat Arab (UEA) Etihad Airways mengumumkan akan membuka rute penerbangan langsung ke Tel Aviv, Israel, dari markasnya di Abu Dhabi. Dilansir dari AFP, maskapai ini akan meluncurkan penerbangan harian terjadwal sepanjang tahun ke ibu kota Israel itu.

Etihad akan memulai penerbangan langsung ke Israel itu pada 28 Maret 2021 setelah UAE dan Israel sepakat untuk menormalisasi hubungan diplomatiknya. Kesepakatan itu menjadi yang pertama antara negara Teluk dan negara Yahudi.




"Dimulainya penerbangan berjadwal merupakan momen bersejarah dan sebagai maskapai penerbangan, memperkuat komitmen Etihad untuk menumbuhkan peluang perdagangan dan pariwisata," kata Mohammad al-Bulooki, Chief Operating Officer Etihad Aviation Group, Senin (16/11/2020).

Dalam pandemi ini, UEA sangat mengharapkan keuntungan yang besar dari hubungannya dengan Tel Aviv untuk memulihkan perekonomian yang sedang rapuh. Mereka telah menandatangani perjanjian tentang penerbangan langsung dan perjalanan bebas visa, bersama dengan kesepakatan tentang perlindungan investasi, sains dan teknologi.



UEA adalah negara Arab ketiga yang menormalisasi hubungan dengan Israel setelah Mesir pada 1979 dan Yordania pada 1994. Langkah itu juga segera diikuti oleh Bahrain dan Sudan.

Manuver diplomatik dengan Israel ini disayangkan oleh Palestina. Palestina menyatakan negara-negara tersebut melanggar kebijakan Liga Arab selama bertahun-tahun tentang konflik Israel-Palestina. Konsensusnya adalah bahwa tidak boleh ada hubungan dengan Israel sampai Israel berdamai dengan Palestina.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading