Internasional

Kunjungan ke Asia Tenggara, Menlu Hongaria Positif Covid

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
04 November 2020 17:02
Passengers react after they disembarked from the MS Westerdam, back, at the port of Sihanoukville, Cambodia, Friday, Feb. 14, 2020. Hundreds of cruise ship passengers long stranded at sea by virus fears cheered as they finally disembarked Friday and were welcomed to Cambodia. (AP Photo/Heng Sinith)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjarto dinyatakan positif corona (Covid-19) saat berada di Thailand. Hal ini diumumkan secara resmi oleh kementerian kesehatan Negeri Gajah Putih, Rabu (4/11/2020).

Sebelumnya, ia mengikuti pertemuan dengan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen. Ia terbang ke ke Phnom Penh Selasa (3/11/2020).




Kunjungannya terkait untuk penandatanganan perjanjian penerbangan sipil, pertanian dan pengelolaan air, serta pembukaan kedutaan setelah tutup 25 tahun. Menurut AFP, ia berfoto dengan Hun Sen, tidak menjaga jarak dan tak menggunakan masker.

Menteri tersebut juga bertemu dengan mitranya dari Kamboja dan berjabat tangan dengan beberapa menteri lainnya. Ia tiba di Bangkok Selasa malam dan dibawa cepat ke rumah sakit setelah dites positif saat kedatangan.



"Tes menunjukan dia mengidap Covid-19, namun tak bergejala," kata Menteri Kesehatan Thailand Anutin Charnvirakul.

"Rombongannya semuanya dinyatakan negatif."

Szijjarto kini dirawat di Institut Penyakit Menular Bamrasnaradura. Pertemuannya di Bangkok telah dibatalkan. Pejabat Kamboja dan kedutaan Hongaria di Bangkok belum bersedia berkomentar.

Sebelumya Hun Sen memang dikenal menolak memakai masker dan menutup perbatasan Kamboja dengan China. Tetapi ketika kasus melonjak di seluruh Eropa dan AS, kerajaan melarang turis asing masuk.

Kamboja mencatat kurang dari 300 Covid-19. Negeri iru mencatat tak ada kematian.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading