Muncul di Amerika, Ikan Mola-Mola Bikin Geger Warga Setempat

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
20 October 2020 19:00
A school of fish trail a shark in the New York Aquarium's latest exhibit, Wednesday June 20, 2018, in New York.

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa waktu lalu warga Amerika Serikat dihebohkan dengan kehadiran ikan mola-mola atau sunfish. Menjelang Senin sore pekan lalu (12/10/2020), belasan orang telah menelepon petugas darurat di Wareham, di pantai tenggara Massachusetts.

Beberapa panggilan melaporkan bahwa mereka telah melihat hiu, sedangkan panggilan lainnya memohon kepada para pejabat untuk membantu apa yang tampak seperti ikan yang terdampar. Ketika melihat sirip dorsal ikan terlihat di Buzzards Bay, warga di Massachusetts panik dan menelepon darurat ke 911. 

Melansir New York Times pada Selasa (20/10/2020), Departemen Sumber Daya Alam mengirim dua petugas untuk menyelidiki laporan warga tersebut. Sesaat setelah diselidiki, mereka menemukan bahwa makhluk aneh itu adalah mola-mola laut yang dapat menyerupai ikan hiu.


"Ia tidak terdampar atau menderita. Mola-mola itu baik-baik saja," kata sumber tersebut yang dikutip dari New York Times.

Namun, laporan tentang hal itu menjadi begitu banyak, sehingga Departemen Sumber Daya Alam Wareham mengeluarkan pengumuman di Facebook agar jangan panik. Menurut pihak Departemen, hal itu lantaran ikan tersebut sedang berenang.

"Berhenti menelepon polisi karena sunfish ini!" pesan mereka kepada warga.

Ikan yang nama latinnya mola-mola ini sering disebut dengan nama sunfish. Bentuknya seperti bakso gepeng dan ukurannya cukup besar.

Sunfish alias ikan mola-mola biasanya berenang di perairan tropis seperti di Indonesia Timur.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading