Cegah Covid-19, Tips Mudah Agar Anak-anak Mau Gunakan Masker

Lifestyle - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
06 October 2020 13:03
Penumpang pesawat mengalami lonjakan selama periode libur panjang pekan ini. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masker menjadi benda wajib saat ini, tanpa terkecuali baik itu untuk orang dewasa juga anak-anak. Sayangnya, mengajarkan anak-anak menggunakan masker bukan perkara mudah.

Padahal, anak-anak juga harus dibiasakan untuk menggunakan masker ketika harus beraktivitas di luar rumah.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan anak berusia 2 tahun ke atas untuk mengenakan masker kain. Sementara itu, untuk anak di bawah usia 2 tahun belum perlu dipakaikan masker karena berisiko tercekik.


Apalagi saluran pernapasan bayi di bawah 2 tahun masih kecil, jadi akan sulit bernapas jika #pakaimasker.

Meski begitu, setiap negara memiliki persyaratan usia yang berbeda tentang penggunaan masker untuk anak-anak. Namun sejauh ini, rekomendasi dokter anak di Indonesia menyarankan jika menggunakan masker bagi anak-anak bisa dimulai sejak usia 2 tahun.

Berikut tips bagi orang tua untuk mengatasi anak-anak yang susah menggunakan masker seperti dikutip dariĀ CNNIndonesia.com.

Pertama konsisten. Ingatkan anak-anak untuk selalu menggunakan masker, dalam hal ini orang tua bisa memberi contoh. Dengan memberi contoh yang baik termasuk bagaimana menggunakan masker yang baik dan benar.

Kedua, biarkan anak-anak memilih masker favoritnya. WHO menyarankan anak-anak menggunakan masker non medis atau kain. Saat ini, sudah tersedia banyak sekali masker jenis tersebut beredar di pasaran dengan aneka motif lucu dan menarik. Bebaskan mereka memilih apa yang disukai, agar semangat menggunakan masker pilihannya sendiri.

Ketiga, foto. Saat menggunakan masker, puji mereka dengan penampilan barunya. Contohkan dengan melakukan pengambilan foto dan tunjukkan kepada mereka.

Terakhir, pakaikan pada boneka. Selain memberi contoh dengan konsisten menggunakan masker, ada cara lain yaitu melibatkan boneka. Pakaikan boneka sebuah masker, agar mereka merasa bahwa menggunakan masker adalah wajar dan normal.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading