Kala ARMY & Pasukan Semut Pasang Badan Untuk IPO Agensi BTS

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 September 2020 15:05
South Korean President Moon Jae-in, third from left, receives a gift from members of South Korean K-Pop group BTS during a ceremony marking the National Youth Day at the presidential Blue House in Seoul, South Korea, Saturday, Sept. 19, 2020. (Lee Jin-wook/Yonhap via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Agensi grup BTS, Big Hit Entertainment, akan resmi melakukan penawaran saham perdana atau IPO mulai Oktober 2020. Ada banyak penggemar boy band itu yang ramai-ramai mengincar saham Big Hit tersebut.

"Aku bisa membayangkan diriku membelinya pada hari ulang tahun V (salah satu anggota BTS)," kata Alice Park, penggemar grup itu, sebagaimana dikutip Channel News Asia (CNA), Jumat (25/9/2020).



Penggemar BTS ini biasa disebut ARMY. Park yang seorang bankir berusia 28 tahun, mengambil pinjaman pribadi beberapa ratus ribu untuk mengajukan penawaran.

Bukan hanya dirinya, Kim Seo-hyeon (12) juga meminta orang tuanya untuk membelikannya satu saham. Sehingga dia dapat bertemu dengan anggota band pada rapat pemegang saham di masa mendatang.




"Saya tidak tahu tentang valuasi saham. Saya tahu oppa (anggota band BTS) kaya tapi saya harap saya membeli saham membuat mereka semakin kaya, sehingga mereka bisa membeli sesuatu yang bagus untuk dipakai, itu akan membuat saya bahagia," papar dia.

Tak hanya fans saja yang "kebelet" ingin membeli, gaemi atau ant (pasukan semut), lantai bursa Korsel juga siap mengamankan momen tersebut. Salah satunya, Kim Eun-hee.

Pria yang berusia 51 tahun itu, ingin melengkapi koleksi memorabilia boy band yang belum lama ini berbicara di depan PBB itu. Bahkan menawar lebih dari US$ 120.000 untuk membeli saham dalam IPO terpanas di negeri ginseng ini.

"Saya menambahkan dukungan saya ke BTS dengan membeli saham, itu akan menambah koleksi saya di sini," katanya.

Pasukan semut ini' merujuk gaya perdagangan aktif investor free float (kepemilikan saham di bawah 5%) Korsel yang menampilkan citra pekerja keras dan rajin. Pasukan semut di bursa Korsel telah menumpuk dari satu ke demi satu IPO tahun ini.

IPO Kakao Games pada bulan September misalnya, menarik 58 triliun won dalam penawaran dari investor ritel saja atas pesanan sekitar 1.500 kali jumlah saham yang ditawarkan. Ini memecahkan rekor.

Big Hit Entertainment optimis bahwa go public akan sukses besar. Apalagi grup yang diasuhnya, BTS, telah menjadi grup Korsel pertama yang mencapai No 1 di tangga lagu Billboard Hot 100 AS dengan lagunya Dynamite.

Ditargetkan perusahaan itu akan mampu meraih dana sebanyak 962,6 miliar won, (setara dengan Rp 12 triliun). Jika berhasil, itu akan menjadi IPO terbesar di negara itu dalam 3 tahun terakhir.

"Tawaran bruto dari investor ritel bisa mencapai 100 triliun won (Rp 1.271 triliun), dan terbesar tahun ini. Pesta likuiditas masih berlangsung, dan waktunya tidak bisa lebih baik karena BTS baru saja menduduki puncak Billboard," kata Hwang Hyun-jun, seorang analis di DB Financial Investment.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tampil Bareng BTS, Penyanyi RI Banjir Pujian dari ARMY


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading