Miris, Ini Deretan Fenomena Artis Bunuh Diri di Korea Selatan

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
15 September 2020 18:08
[THUMB] Sulli Foto: Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Tingginya tingkat kematian bunuh diri di Korea Selatan, memang menjadi sorotan akhir-akhir ini. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan angka bunuh diri tertinggi di dunia.

Di balik romantisme, keceriaan, dan paras menarik para artisnya siapa sangka hal ini juga membuat beberapa artisnya acap kali merasa putus asa. Tidak tanggung-tanggung, aksi bunuh diri ini dianggap sebagai jalan keluar depresi mereka.

Lantas siapa saja kah mereka? Berikut adalah fenomena bunuh diri artis Korea Selatan yang dirangkum CNBC Indonesia dengan mengutip dari berbagai sumber:


1. Choi Jin Sil
Depresi menghinggapi salah satu aktris populer di Korea ini. Ia diterpa rentetan kejadian seperti manager bunuh diri, suaminya kasar, dan diputus kontrak oleh perusahaan iklan.

Lantaran kejadian itulah, Jin-sil mengalami trauma dan depresi berat. Sebulan setelah kematian Jae-hwan, Jin-sil menggantung dirinya. Dua tahun kemudian, sang adik yang juga seorang aktor, Choi Jin-young tewas gantung diri karena depresi ditinggalkan oleh sang kakak.


2. Jang Ja-yeon
Jae-yeon ditemukan tewas gantung diri karena depresi berkepanjangan. Depresi itu bermula karena Ja-yeon sudah mengikuti audisi drama tapi tidak lolos.

Bintang drama Boys Before Flowers ini diketahui mengalami pelecehan seksual dengan melayani lebih dari 20 nama besar di industri Hallyu yang menjanjikan pekerjaan dan popularitas untuknya.


3. So Jin
So Jin merupakan trainee di salah satu agensi ternama DSP Entertainment. Ia juga dikenal sebagai salah seorang peserta reality show KARA Project: The Beginning pada 2014 dan, gagal.

Lantaran depresi, ia akhirnya mengakhiri hidupnya pada 24 Februari 2015 dengan melompat dari lantai 10 apartemennya di Daejeon, Korea Selatan.


4. Kim Ji-hoo
Kim Ji-hoo merupakan model dan aktor di Korea Selatan. Kesendirian yang dialaminya membuatnya untuk memutuskan mengakhiri hidupnya pada 6 Oktober 2008 silam.

Ia menulis surat wasiat yang berisi permintaan agar jenazahnya dikremasi. Sebelumnya, Kim Ji-hoo pernah mengungkapkan pada awak media bahwa dirinya adalah seorang gay.


5. Jonghyun SHINee
Selama hidupnya, Jonghyun tidak banyak memberitahu bahwa ia mengalami depresi sehingga memutuskan untuk bunuh diri. Pada 19 Desember 2017, sebuah sumber dari kepolisian Gangnam menyatakan, bahwa ia meninggal karena bunuh diri.

Jonghyun meninggal pada 18 Desember 2017, dengan cara membakar briket batubara di atas penggorengan di dalam ruang tertutup.


6. Chae Dong Ha
Mantan personel SG Wannabe ini diduga mengalami depresi akibat kematian sang manajer. Dia terus memendam sendiri hal itu hingga memutuskan untuk bunuh diri. Polisi secara resmi mengumumkan bahwa penyanyi itu bunuh diri dengan menggunakan dasi sebagai alat untuk menggantung diri di lemari.


7. Sulli
Sulli meninggal pada 14 Oktober 2019, setelah ditemukan gantung diri oleh manajernya di rumahnya, di Seongnam. Oleh kantor polisi Seongnam, Sujeong mengkonfirmasi bahwa Sulli telah meninggal dunia akibat bunuh diri.

Dikabarkan, Sulli meninggal akibat tidak tahan diserang oleh cyber bullying terus-menerus.


8. Lee Eun Joo
Lee Eun Joo, memotong pergelangan tangannya dan menggantung diri pada 2005. Keluarganya mengatakan bahwa penyebab bunuh diri Lee Eun Joo adalah serangan depresi, penyakit mental yang parah, dan menderita insomnia karena adegan telanjang yang dia lakukan dalam "The Scarlet Letter".


9. Jeon Mi Seon
Jeon Mi Seon ditemukan tewas di salah satu hotel di Jeonju. Ia meninggal akibat bunuh diri.

Rumornya, ia mengalami depresi akibat penyakit ibunya dan kematian salah satu kerabatnya. Setelah penyelidikan mereka, Polisi Jeonbuk mengkonfirmasi bahwa Jeon Mi-Seon, 48, melakukan bunuh diri di kamar hotelnya pada 29 Juni 2019.


10. Park Yong Ha
Park Yong Ha dikenal berkat bermain di Winter Sonata bersama Bae Yong Joon dan Choi Ji Woo. Park Yong-ha, dilaporkan ditemukan oleh ibunya setelah menggantung diri dengan kabel listrik.

Polisi mengatakan Park telah berada di bawah tekanan mencoba mengelola perusahaan hiburan dan kariernya saat ayahnya berjuang melawan kanker.


11. Kim Daul
Kim Daul adalah model Korea Selatan pada masanya. Ia baru berusia 17 tahun ketika muncul dalam sampul Vogue Korea.

Namun dibalik ketenaran dan kemewahan, Kim Daul terjebak dan kesepian. Kim Daul bunuh diri dengan menggantung diri dan meninggal di apartemennya di Paris pada 19 November 2009.


12. Goo Hara
Mantan girl band KARA ditemukan tewas di rumahnya di kawasan Cheongdam. Menurut Kepala Kepolisian Gangnam di Seoul, Goo Hara ditemukan tewas di rumahnya pada pukul 18:00 atau sekitar pukul 16:00 WIB pada hari Minggu pada 2019.


13. Oh In Hye
Baru-baru ini, aktris cantik Oh In Hye dikabarkan meninggal dunia. Kantor berita Korea OSEN melaporkan bahwa wanita berusia 36 tahun itu gagal untuk mendapatkan kembali kesadarannya setelah diduga melakukan upaya bunuh diri.

Oh In Hye ditemukan pingsan pada Senin, 14 September 2020 pukul 03:00 WIB, kata Polisi Yeonsu Incheon dan Departemen Pemadam Kebakaran Songdo. Namun, pada sore hari atau beberapa jam setelah menerima perawatan, Oh dinyatakan meninggal dunia.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading