Gokil, Bakal Ada 'Jurrasic Park' di Taman Nasional Komodo

Lifestyle - Fitriyah Said, CNBC Indonesia
09 September 2020 10:15
Pengembangan wisata alam Pulau Rinca di KSPN Labuan Bajo, NTT. (Tangkapan Layar Instagram kemenpupr)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia akan memiliki 'Jurrasic Park' sendiri. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadikan Pulau Rica, Labuan Bajo sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Perlu diketahui, Pulau Rinca menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Labuan Bajo. Di pulau ini, wisatawan dapat melihat komodo hidup di habitat aslinya.

Hamparan savana di Pulau Rinca akan menjadikan tempat ini semakin mirip dengan 'Jurrasic Park'. Pulau ini merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO, karena masih merupakan kawasan Taman Nasional Komodo.

Di lihat dari laman Instagram arsitek Yori Antar dari PT HAN AWAL, Minggu (6/9/2020) yang dikutip dari detikTravel, nantinya akan ada sebuah elevated deck yang menghubungkan bangunan informasi dengan dermaga baru yang berbentuk "Y'.

Pengembangan wisata alam Pulau Rinca di KSPN Labuan Bajo, NTT. (Tangkapan Layar Instagram kemenpupr)Foto: Pengembangan wisata alam Pulau Rinca di KSPN Labuan Bajo, NTT. (Tangkapan Layar Instagram kemenpupr)



Elevated deck ini akan dibuat setinggi 2 meter sehingga memungkinkan pengunjung dan komodo berada pada areal yang sama tapi tidak saling bersinggungan satu sama lain.

"Wisata Jurassic ini diharapkan menjadi narasi yang utuh sejak turis datang dari dermaga hingga kembali, sehingga Legenda Komodo sebagai binatang Purbakala menjadi daya tarik dan menjadi satu paket KSPN Super Prioritas yang sedang dibangun serentak di Badjo-Flores-NTT untuk menjadi Kawasan Wisata Kelas Dunia," tutup Yori.

Secara umum, pada tahun 2020, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp 902,47 miliar untuk mengerjakan 43 paket kegiatan infrastruktur di KSPN Labuan Bajo.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading