Untung Rugi Memiliki Tabungan Berjangka, Apa Saja?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
03 September 2020 08:10
coin piles and glass for investment in the future.


Jakarta, CNBC Indonesia - Untuk memiliki perencanaan keuangan yang benar dan disiplin tentunya harus menabung. Namun, bagi sebagian orang seringkali merasa kesulitan menyisihkan dana untuk ditabung.

Bagi yang merasa kesulitan, ada salah satu produk perbankan bernama tabungan berencana atau tabungan berjangka yang bisa menjadi solusi. Tabungan berjangka merupakan jenis tabungan dengan jangka waktu tertentu, mulai dari enam bulan hingga 20 tahun.


Tabungan berjangka biasanya ditarik secara otomatis dari rekening terdaftar Anda setiap bulan (transaksi auto debit). Kendati demikian ada untung dan rugi dalam memilih tabungan berjangka.

Adapun keuntungan tabungan berjangka adalah suku bunga yang menguntungkan. Semakin lama menabung, semakin tinggi juga hasilnya. Suku bunga tabungan berjangka bisa mencapai empat hingga lima persen per tahun, lebih tinggi dari tabungan konvensional.

Selain itu, memilih tabungan berjangka tergolong aman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan mendapatkan juga asuransi. Walau uang Anda langsung dipotong, tabungan berjangka tidak begitu menyulitkan dalam pengaturan finansial. Setoran pertama serta rutinnya termasuk rendah dibandingkan dengan deposito.

Sementara, disamping keuntungan ada pula beberapa kerugian dari tabungan berjangka seperti dana tidak liquid, imbal hasil atau keuntungannya tidak sebesar produk investasi lainnya dan akan dikenakan pinalti bila tabungan diambil sebelum jatuh tempo.

Kendati bunga yang dijanjikan oleh produk ini lebih besar daripada tabungan reguler, namun masih lebih rendah jika dibandingkan dengan imbal hasil yang didapatkan dari produk investasi lain seperti reksadana. Hal ini terlihat pada jangka yang lebih lama misal lima sampai sepuluh tahun bila dibandingkan dengan reksadana saham ataupun campuran.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading