Bunuh Diri Usai Saldo Negatif Rp 10 M, Jangan Tiru Trader Ini

Lifestyle - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
21 June 2020 12:30
Trader Gregory Rowe works on the floor of the New York Stock Exchange, Monday, Aug. 5, 2019. Stocks plunged on Wall Street Monday on worries about how much President Donald Trump's escalating trade war with China will damage the economy. (AP Photo/Richard Drew)

Jakarta, CNBC Indonesia - Seorang trader saham di Ilinois Amerika Serikat bunuh diri dengan meninggalkan sebuah pesan tentang ceritanya berdagang saham. Kisah ini terungkap dari dokumen yang ditulisnya sebelum meninggal.

Terakhir kali, trader berumur 20 tahun ini memiliki saldo negatif sebesar  US$ 730.165 atau sebesar Rp 10,22 miliar (kurs Rp 14.000). Rangkuman cerita ini tak untuk ditiru, juga bukan hendak menginspirasi orang lain melakukan hal serupa.

Berikut ceritanya : 
Di kertas lengket kuning kecil yang ditinggalkan Alex Kearns (20 tahun) di pintu kamarnya, ada pesan yang mengatakan untuk menyalakan laptop.


Daniel Kearns, menyalakan laptop putranya di rumah di Naperville, Ilinois. Dalam hitungan detik, sebuah surat empat paragraf muncul di layar. "Jika Anda membaca ini, maka saya sudah mati," catatan itu dimulai, seperti dikutip dari CNBC Internasional.

Itu kurang dari 24 jam setelah Alex memeriksa akunnya di aplikasi perdagangan yang sangat populer, Robinhood. Dalam catatannya, Alex berpikir memiliki saldo minus US$ 730.165 atau sebesar Rp 10,22 miliar (kurs Rp 14.000). Tetapi Alex mungkin telah salah memahami laporan keuangan tersebut bahwa dia memiliki utang sebesar tersebar, menurut seorang kerabat.

"Dia pikir dia terekspos, dia berpikir bahwa mengakhiri hidupnya akan melindungi keluarganya dari utang tersebut," ujar Bill Brewster, sepupunya dan seorang analis di Sullimar Capital, mengatakan kepada CNBC dalam sebuah wawancara telepon. "Dia naik sepeda dan tidak pernah pulang."

Tubuh Alex ditemukan pada hari Jumat, ujar Kepala Pemadam Kebakaran Plainfield Illinois, Jon Stratton. Alex, mahasiswa tingkat dua Jurusan Manajemen di Universitas Nebraska di Lincoln, sedang mempelajari manajemen dan memiliki minat yang semakin besar di pasar keuangan.

Robinhood, aplikasi perdagangan gratis yang Alex gunakan telah populer bagi investor pemula untuk masuk ke pasar saham. Pengguna aplikasi ini telah tumbuh dari 1 juta pengguna pada 2016, menjadi 10 juta pada awal tahun ini, dengan pengikut setia di media sosial.
Pada forum Wall Street Bets, salah satu forum di Reddit, traders sering bercanda tentang kerugian besar pada Robinhood ataupun memposting tangkapan layar dari cuan yang diraih.

Bunuh diri adalah hasil dari kontribusi berbagai faktor, dan bukan hasil dari satu peristiwa. Namun, tragedi itu mengingatkan akan risiko, dan potensi kerugian besar, yang bisa datang dengan instrumen perdagangan yang rumit seperti options.

Selama akhir pekan, Brewster berselancar ke media sosial untuk menemukan jawaban dan dalam prosesnya memperingatkan orang lain tentang perangkap perdagangan harian. "Ini investasi, ini bukan permainan. Ini kehidupan orang-orang, "kata Brewster.

Dalam catatan untuk keluarganya yang dilihat oleh CNBC, Alex menuduh Robinhood mengizinkannya untuk menumpuk terlalu banyak risiko. Dia mengklaim barang yang dibelinya, dan saham yang dijual "seharusnya dibatalkan". Tetapi di belakang, dia mengatakan "tidak tahu" apa yang dia lakukan.

"Bagaimana seorang anak berusia 20 tahun tanpa penghasilan bisa mendapatkan leverage hampir US$ 1 juta," tulis catatan itu. "Tidak ada niat untuk mendapakan sebanyak ini dan mengambil risiko sebanyak ini, dan saya hanya berpikir bahwa saya mempertaruhkan uang yang sebenarnya saya berutang."

Dalam sebuah pernyataan, seorang juru bicara Robinhood mengatakan mereka "sangat sedih mendengar berita mengerikan ini dan kami mengulurkan tangan untuk berbagi belasungkawa kami dengan keluarga."

Juru bicara itu mengkonfirmasi bahwa Kearns memang memiliki akun di Robinhood tetapi tidak akan memberikan rincian tambahan.

Robinhood juga meninjau opsi yang menawarkannya "untuk menentukan apakah ada perubahan yang sesuai," menurut juru bicara itu.

Options memberi traders sebuah hak, tetapi bukan kewajiba, untuk membeli atau menjual aset dengan harga tertentu, pada atau sebelum tanggal tertentu.

Traders menggunakan ini untuk melindungi risiko, atau berspekulasi.
Brewster mengatakan Alex mungkin salah mengartikan keadaan akun Robinhood-nya. Tangkapan layar yang dibagikan oleh Brewster menunjukkan posisi saldo dan kemampuan bayar yang negatif.

Tetapi kemampuan bayar negatif dan saldo negatif tidak sama dengan utang normal. Jumlah $ 730.000 bisa saja mencerminkan sisi lain dari perdagangan opsi yang belum diselesaikan dan nilai saham terkait dengan opsi-opsi tersebut.

Dalam hal ini, saldo dan kemampuan bayar akan muncul sebagai negatif sampai pihak lain belum diproses. Tampilan negatif sementara bukanlah keseimbangan utang dan nilai portofolio keseluruhan akan mencerminkan nilai akun.

Daniel Kearns mengonfirmasi kepada CNBC dalam sebuah email bahwa Alex memang memiliki akun Robinhood, dan ia mulai memperdagangkan saham sebelum musim semi ini. Dia mengatakan Robinhood telah menghubungi melalui Brewster, tetapi "dia tidak siap untuk berbicara dengan mereka."

Brewster mengatakan dia menganjurkan untuk transparansi dan perlindungan bagi para pedagang baru.

"Saya ingin mereka memperbaiki cara mereka menunjukkan eksposur - saya ingin mereka bertindak seperti platform finansial yang seharusnya bertindak," kata Brewster. "Ketika Anda berurusan dengan uang eceran dan secara aktif meminta pedagang di bawah 30 tahun untuk memiliki kesalahan seperti ini tidak dapat dimaafkan dan pada kelalaian minimum."

DISCLAIMER: Berita atau artikel ini tidak bertujuan menginspirasi tindakan bunuh diri.

Pembaca yang merasa memerlukan layanan konsultasi masalah kejiwaan, terlebih pernah terbersit keinginan melakukan percobaan bunuh diri, jangan ragu bercerita, konsultasi atau memeriksakan diri ke psikiater di rumah sakit yang memiliki fasilitas layanan kesehatan jiwa.

Berbagai saluran telah tersedia bagi pembaca untuk menghindari tindakan bunuh diri. Misalnya Tim Pijar Psikologi melaluihttps://pijarpsikologi.org/konsulgratis

Saksikan video terkait di bawah ini:

Wow! Ferrari Bikin Sepeda Buat Orang Kaya Rp 271 Juta


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading