Habis UFO, Bumi Dilewati Asteroid Bermasker Hari Ini

Lifestyle - Redaksi CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
29 April 2020 20:54
Tentang dua asteroid yang mendekati Bumi (NASA). (Ist)
Jakarta, CNBC Indonesia- Setelah heboh soal penampakan UFO, hari ini bumi juga akan dilewati batu asteroid super besar berukuran 1,2 mil. Tenang, dipastikan asteroid ini tidak akan menabrak bumi tapi bisa tampak jelas sekali.

Asteroid ini bernama 52768 (1998 OR2), sebab pertama kali ditemukan pada 1998. Asteroid ini akan melintas tanggal 29 April sejauh 3.909.791 mil dari bumi dan bergerak 19.461 mil per jam. Jarak ini sendiri 16 kali lebih jauh dari jarak bulan ke bumi.

Asteroid ini melintas pagi pukul 5.56 pagi waktu Amerika Serikat menurut NASA. Asteroid dipastikan tidak menubruk bumi, kalau sampai menabrak dipastikan akan terdapat efek global yang besar.


"Topografinya memiliki fitur seperti berbukit untuk asteroid 1998 OR2, sangat menarik untuk diteliti," ujar Anne Virkki, Kepala Radar Planet di Badan Observatory Arecibo, dalam sebuah pertanyaan.

Tapi topografi yang unik ini membuat penampakan asteroid ini seperti sedang gunakan masker. "Berhubung kita sedang pandemi corona dan memikirkan itu terus, fitur asteroid 1998 OR2 seakan-akan sedang pakai masker," ujarnya.

Asteroid ini sendiri dinilai obyek yang cukup berbahaya karena besarnya lebih dari 500 kakii dan berada di sejauh 5 juta mil di orbit bumi.

Batu asteroid bermasker ini diproyeksi akan kembali melintasi bumi pada 2079 mendatang namun 3,5 kali lebih dekat dari saat ini.



[Gambas:Video CNBC]




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading