Mundur dari CEO & Jual Saham Rp 8 T, Kylie Jenner Kenapa?

Lifestyle - Lynda Hasibua, CNBC Indonesia
08 January 2020 08:15
Mundur dari CEO & Jual Saham Rp 8 T, Kylie Jenner Kenapa?
Jakarta, CNBC Indonesia- Kylie Jenner dikabarkan resmi mundur sebagai CEO dari perusahaan kosmetiknya yang tengah naik daun, yakni Kylie Cosmetics. Tidak hanya itu, diketahui juga Kylie berencana menjual separuh sahamnya di perusahaan tersebut. Ada apa?

Melansir Wall Street Journal, separuh dari saham Kylie Cosmetics ini bakal diakuisisi oleh Coty Inc, perusahaan kosmetik raksasa yang membawahi 77 brand ternama mulai dari Bourjois, Rimmel, Wela, Covergirl, dan sederet brand kosmetik lainnya.

Rencana akuisisi ini sendiri sudah diumumkan sejak November lalu, dan diharapkan bisa selesai sebelum kuartal III-2020. Perusahaan Coty tertarik membeli separuh saham Kylie Cosmetics dengan nilai US$ 600 juta atau setara Rp 8,4 triliun.


Nilai itu diproyeksi setara untuk mengambil 51% saham perusahaan kosmetik yang dibangun oleh Kylie Jenner. Valuasi total Kylie Cosmetics sendiri diperkirakan mencapai US$ 1,2 miliar.



Sembari menunggu proses akuisisi rampung, Coty dan Kylie pun sepakat untuk menunjuk CEO baru yakni Christoph Honnefolder. Christops sendiri sebelumnya adalah Executive VP di Douglas, pemain ritel kosmetik ternama di Eropa.

Kesepakatan ini, mengutip Business Insider, dilakukan dengan catatan Coty akan membanty Kylie Cosmetics dan Kylie Skin mengembangkan sayap bisnisnya secara global. Tak hanya beredar di pasar Amerika saja.

Meski tak menjabat lagi sebagai CEO, Coty memastikan si bungsu dari keluarga Kardhasian tersebut akan tetap memimpin perusahaan di bidang kreatif, produk, dan komunikasi. Sementara dari pihak Coty akan mengurus pengembangan bisnisnya secara keseluruhan.

Berkat rencana bisnis ini, saham Coty pun melonjak 6%. Pihak Kylie Jenner belum mau berkomentar banyak terkait kesepakatan bisnis ini.

Seperti diketahui, Kylie Jenner melahirkan Kylie Cosmetics pada 2015 dan langsung sukses besar. Di 2017, Forbes menulis bahwa valuasi brand kosmetik milik Kylie Jenner itu sudah mencapai US$ 800 juta.

Mundur dari CEO & Jual Saham Rp 8 T, Kylie Jenner Kenapa?Foto: Infografis/Kylie Jenner Miliuner Termuda/Edward Ricardo




[Gambas:Video CNBC]



(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading