Skandal Manipulasi Voting Produce X 101, X1 Resmi Bubar

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
07 January 2020 15:47
Skandal Manipulasi Voting Produce X 101, X1 Resmi Bubar
Jakarta, CNBC Indonesia - Grup boyband asal Korea Selatan, X1 resmi bubar pada Senin (6/1/2020). Boyband yang baru seumur jagung ini harus berpisah setelah status mereka sempat digantung selama beberapa bulan terakhir karena kasus manipulasi voting ajang Produce X 101.

Beberapa agensi yang menaungi para anggota X1 langsung merilis pernyataan. Agensi-agensi tersebut adalah Play M Entertainment, Yuehua Entertainment, TOP Media, OUI Entertainment, MBK Entertainment, Woollim Entertainment, DSP Media, Starship Entertainment, dan Brand New Music.


"Anggota X1 dan masing-masing agensi telah bernegosiasi, tetapi kami tidak dapat mencapai kesepakatan. Jadi kami telah memutuskan pembubaran mereka," demikian keterangan beberapa agensi, dikutip dari CNN Indonesia.


Sebelumnya, nasib boyband X! dan IZ*ONE sempat digantung karena kasus manipulasi suara dalam Produce X 101 yang merupakan ajang pencarian bakat yang melahirkan mereka.

Skandal Manipulasi Voting Produce X 101, X1 Resmi BubarFoto: foto : x1


Pada awal Desember 2019, Ilgan Sports melaporkan bahwa pihak CJ ENM dan MNet akan mempertimbangkan pendapat setiap member dengan hati-hati terkait kelanjutan dua grup tersebut. Mereka berjanji akan menentukan nasib X1 serta IZ*ONE yang juga keluaran ajang tersebut pada akhir 2019.


Laporan tersebut juga menyatakan bahwa para anggota kedua grup dan agensi mereka memiliki banyak pendapat berbeda dan terpecah. Sebagian pihak ingin tetap grup tersebut bertahan, tapi lainnya menyerukan pembubaran.

Kala itu, isu yang berkembang di antara mereka adalah anggota dan agensi memang cenderung menginginkan pembubaran grup. Nasib dua grup ini sempat dipertanyakan kembali karena tak kunjung diumumkan pada akhir Desember sehingga menimbulkan gejolak di tengah para penggemar.

Pada 26 Desember 2019, penggemar boyband X1 menyatakan akan terus menuntut kejelasan nasib grup idola mereka. Para penggemar, khususnya dari X1, mendesak CJ ENM untuk membubarkan grup itu demi karir masing-masing anggotanya.

"Kami tak dapat hanya duduk dan melihat mimpi para anggota dan pemuda lainnya sia-sia karena mereka tak mungkin tampil di bawah nama X1. CJ tidak memiliki kemampuan atau pun keinginan menyelesaikan hal ini," tulis pernyataan penggemar yang diunggah ke internet.

"Kami sangat mendesak tiga tuntutan ini untuk memulihkan kehormatan dan karier para anggota X1 dengan segera sebelum terjadi situasi yang lebih buruk: 1. Pembubaran grup dan kontrak tanpa penundaan; 2. Permintaan maaf secara resmi kepada para korban, anggota, dan penggemar untuk mengembalikan kehormatan para anggota X1; 3. Kompensasi impas dan kepastian karier untuk para anggota," lanjutnya.

Harapan para penggemar akhirnya terkabul. X1 resmi bubar setelah dibentuk pada 27 Agustus 2019. Sebelum bubar, X1 sempat merilis satu album mini bertajuk Emergency: Quantum Leap dengan lagu utama berjudul Flash.

X1 sendiri beranggotakan 11 orang laki-laki dari berbagai agensi. Mereka adalah Kim Yo-han, Kim Woo-seok, Han Seung-woo, Song Hyeong-jun, Cho Seung-youn, Son Dong-pyo, Lee Han-gyul, Nam Do-hyon, Cha Jun-ho, dan Kang Min-hee, serta Lee Eun-sang.

Sebelum debut, X1 membuat debut Billboard chart mereka di tangga lagu Social 50 dan Emerging Artists di pada posisi nomor 6 dan 11, menjadikan mereka artis Korea pertama yang mendapat tempat di Social 50 sebelum debut.

X1 telah menjual lebih dari 500.000 salinan fisik EP mereka di minggu pertama penjualan, dan memecahkan rekor memiliki penjualan minggu pertama tertinggi untuk album debut, yang merupakan rekor yang sebelumnya disabet oleh artis solo Kang Daniel dengan album debut Color On Me


[Gambas:Video CNBC]
















(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading