Internasional

Buntut Protes Catalunya Merdeka, Laga Barca vs Madrid Ditunda

Lifestyle - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
18 October 2019 17:52
Laga Barca vs Madrid ditunda
Jakarta, CNBC Indonesia - Unjuk rasa warga Catalunya yang menuntut kemerdekaan dari Spanyol terjadi selama lima hari terakhir.

Protes yang tak kunjung reda berdampak pada sejumlah sektor termasuk penundaan laga sepak bola negeri itu, El Clasico, antara Barcelona dan Real Madrid 26 Oktober nanti.


Hal ini diumumkan Federasi Sepak Bola Spanyol Jumat (18/10/2019). Kedua klub diminta mencari hari alternatif lain hingga Senin (21/10/2019) pukul 10.00 waktu setempat.


Jika tidak federasi akan memilihkan tanggal untuk laga keduanya. Situasi yang tidak kondusif bahkan mengancam laga digelar tanpa penonton.

Tensi politik di Spanyol meningkat setelah 9 tokoh pemimpin kemerdekaan Catalunya di vonis hukuman 9-13 tahun. Mereka didakwa terlibat dalam upaya makar, deklarasi Catalunya Oktober 2017 lalu.

Akibat hal ini lebih dari 100 penerbangan dibatalakn. Huru hara juga terlihat di terminal keberangkatan bandara.

Persoalan kemerdekaan Catalunya bukan hal yang baru. Ini akibat fakta sejarah, bahwa wilayah itu dan Spanyol adalah entitas berbeda dengan bahasa, parlemen, bendera dan lagu kebangsaan sendiri.

Kesenjangan ekonomi juga menjadi soal. Catalunya menilai wilayah itu terlalu banyak mengirim uang ke wilayah Spanyol yang lain, yang miskin.

Salah satu kota terkenal di Catalunya adalah Barcelona. Kota ini merupakan rumah bagi klub raksasa El Barca.


(sef/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading