Internasional

Nah Lo, Toliet Emas di Istana Inggris Digondol Maling

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
15 September 2019 12:29
Nah Lo, Toliet Emas di Istana Inggris Digondol Maling
Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar buruk datang dari Istana Blenheim di Oxfordshire, Inggris. Bagaimana tidak, baru-baru ini istana itu telah dimasuki pencuri yang membobol toilet emas 18 karat.

Tidak hanya kerugian secara material, hal tersebut juga menyebabkan kerusakan serta banjir di tempat kelahiran dan rumah leluhur mantan Perdana Menteri Winston Churchill itu.

Menurut polisi setempat, toilet itu dihargai lebih dari US$ 5 juta atau sekitar Rp 69 miliar. Toilet tersebut merupakan bagian dari pameran karya seniman konseptual Italia Maurizio Cattelan yang dibuka dua hari lalu di rumah megah 60 mil sebelah barat London.


Toilet yang diberi nama "Amerika" ini sebelumnya pernah dipajang di sebuah bilik di Museum Guggenheim di New York, dimana itu merupakan tempat lebih dari 100.000 pengunjung dapat menggunakannya.

Pencuri itu disinyalir menggunakan dua kendaraan untuk masuk ke istana, tempat kelahiran pemimpin Perang Dunia Kedua Winston Churchill. Lalu mereka memindahkan toilet tersebut sebelum jam 5 pagi, kata Kepolisian Lembah Thames.

"Karena toilet yang dimasukkan ke dalam gedung, ini telah menyebabkan kerusakan dan banjir yang signifikan," kata Detektif Inspektur Jess Milne dalam sebuah pernyataan publik.


Polisi mengatakan mereka telah menangkap seorang pria berusia 66 tahun sehubungan dengan pencurian itu, tetapi belum menemukan kembali karya seni tersebut.

Istana Blenheim pun mengatakan sangat sedih atas hilangnya karya seni yang berharga ini. Meski begitu sisa pameran akan tetap dibuka pada hari Minggu.

Tahun lalu, ketika toilet berada di Guggenheim, Washington Post melaporkan bahwa Presiden Donald Trump menolak tawaran dari museum untuk sementara waktu memasang toilet untuk penggunaan pribadinya di Gedung Putih.


[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading