Leonardo Dicaprio Galang US$5 Juta Untuk Kebakaran Amazon

Lifestyle - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
27 August 2019 13:34
Leonardo Dicaprio Galang  US$5 Juta Untuk Kebakaran Amazon
Jakarta, CNBC Indonesia - Bintang Hollywood, Leonardo DiCaprio menjanjikan dana hingga US$5 juta untuk membantu mengurangi kebakaran hutan, yang terus terjadi di hutan hujan Amazon, Brasil. Dana itu akan dikumpulkan melalui sumbangan yang ia galang melalui lembaga filantropi miliknya, Earth Alliance.

Melalui instagramnya, ia mengharapkan para followersnya yang berjumlah 34 juta akun bisa ikut menyumbang. Ditegaskannya, dana itu akan dimanfaatkan untuk menyelamatkan komunitas langka yang terancam akibat kebakaran, termasuk membiayai komunitas lokal yang menjaga keragaman hayati di Amazon.
"Kami sangat prihatin dengan krisis yang sedang berlangsung di Amazon, yang menyoroti keseimbangan iklim, keanekaragaman hayati, dan kesejahteraan masyarakat adat," tulisnya sebagaimana dikutip CNBC International, Selasa (27/8/2019). "100 persen dari donasi Anda akan diberikan kepada mitra yang bekerja di lapangan untuk melindungi Amazon,".

Dalam sebuah wawancara dengan wartawan, DiCaprio mengatakan kebakaran yang terjadi di Amazon merupakan krisis yang sangat tragis. "Pemerintah seluruh dunia, termasuk Brasil harus bekerja bersama guna memastikan hal serupa tidak terus berlanjut," katanya.


Sementara itu, di sela-sela KTT G7 di Biarritz Prancis, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan G7 bakal menyiapkan dana hingga US$22 juta guna menyelamatkan hutan Amazon. Dalam kesempatan itu, Ia pun berujar telah membicarakan kemungkinan agar AS ikut membantu dalam krisis tersebut.

Leonardo DiCaprio Janjikan US$5 Juta Untuk Kebakaran AmazonFoto: Kebakaran Hutan Amazon (REUTERS/Ueslei Marcelino)


Negara G7 terdiri dari Kanada, Prancis, Jerman,Italia, Jepang, Inggris dan AS. Negara-negara tersebut merepresentasikan 40% dari PDB dunia.

Sebelumnya, penyanyi Madonna dalam instagramnya meminta Presiden Brasil Jair Bolsonaro untuk membuat kebijakan terkait pemanasan global dan kebakaran hutan Amazon. Hal senada juga diutarakan figur lainnya seperti Jaden Smith, anak aktor Will Smith dan model Cara Delevigne.

[Gambas:Video CNBC] (sef/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading