Raup Rp 102 M/Bulan, Subscriber Youtuber Ini Tembus 100 Juta!

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
26 August 2019 13:12
Raup Rp 102 M/Bulan, Subscriber Youtuber Ini Tembus 100 Juta!
Jakarta, CNBC Indonesia - YouTuber asal Swedia, Felix Arvid Ulf Kjellberg atau PewDiePie berhasil menjadi konten kreator individu pertama yang mencapai 100 juta subscriber sejak 24 Agustus lalu. Para penggemarnya kemudian memberinya bonus 100.000 subscriber, yang secara teknis membuat Felix memiliki 100,1 juta subscriber.

Namun jika diakumulasikan semua kanal yang ada dalam YouTube, sebenarnya PewDiePie berada di posisi kedua setelah kanal musik India T-Series yang saat ini memiliki 109 juta subscriber. Selanjutnya urutan ketiga ditempati oleh kanal 5-Minute Crafts dengan 60 juta subscriber.




Tetap saja, dalam kategori konten kreator individu, Felix menempati urutan pertama. Bahkan tidak ada konten kreator individu yang mendekati angka subscriber Felix. Selain itu, video pernikahannya dengan sang kekasih Marzia Bisognin, menjadi trending nomor 2 di YouTube.

Yang mengejutkan, pihak YouTube akhirnya mengakui tonggak sejarah PewDiePie dan memberikan penghargaan untuknya lewat sebuah cuitan yang tentu diretweet oleh Pews.

"Menikah dengan @marziapie. Menghidupkan kembali cinta kita terhadap Minecraft. Mencapai 100 juta pelanggan di YouTube. Sungguh bulan yang baik untuk merayakan dan memberi selamat kepada @PewDiePie," cuit YouTube pada Minggu, (25/8).

PewDiePie dan YouTube sendiri memiliki sejarah yang rumit. PewDiePie jauh dari kata kreator paling populer di platform berbagi video tersebut, ia lebih dikenal dengan kreator yang penuh kontroversi. 


Raup Rp 102 M/Bulan, Subscriber Youtuber Ini Tembus 100 Juta!Foto: Pernikahan PewDiePie (Felix Kjellberg) dengan Marzia Bisognin (Dok Twitter @pewdiepie)


Sempat ia mengucapkan kata hinaan di layanan Stream. Ia juga pernah membayar Fiverr untuk memegang tanda dengan frase anti-Semit sebagai 'gag', yang membuatnya berselisih dengan Google. Bahkan pada tahun 2017, YouTube pernah membatalkan acara YouTube Red-nya dan menghapusnya dari iklan Google Preferred.

Tetapi pada akhirnya, PewDiePie kembali ke akarnya sebagai konten kreator individu yang fokus dengan game. Bahkan beberapa bulan terakhir, PewDiePie tidak mengunggah konten lain selain video game Minecraft non-stop yang telah ditetapkan sebagai kebangkitan keseluruhan game pada ulang tahunnya yang kesepuluh.

Selama fokus dengan video Minecraft, PewDiePie mampu menghasilkan lebih dari 10 juta views dalam satu atau dua minggu setelah rilis video tersebut.

Forbes juga menempatkan penghasilan PewDiePie sebesar US$ 15,5 juta pada tahun 2018, dan ketika artikel itu keluar, PewDiePie baru memiliki 72,5 juta subscriber, yang menunjukkan seberapa cepat kanal ia tumbuh.

Belum lama ini, Felix juga menjadi YouTuber nomor satu terkaya di dunia. Menurut data dari Purple Moon Promo, Felix dikabarkan menerima £ 6,5 juta atau setara dengan Rp 102 miliar setiap bulan. Artinya setiap tahun Felix mendapat £ 78,9 juta atau lebih dari Rp 1,350 triliun.



[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading