Ramai Tagar #JanEthesSukaBarangImpor, Ada Apa?

Lifestyle - Fitriyah Said, CNBC Indonesia
18 August 2019 15:20
Ramai Tagar #JanEthesSukaBarangImpor, Ada Apa?
Jakarta,CNBC Indonesia - Hari ini, Minggu (18/8/2019) jagat Twitter dihebohkan dengan unggahan tampilan Jan Ethes, cucu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Jan Ethes memang sering menarik perhatian khalayak karena tingkah yang lucu.

Namun, kali ini, dia ramai diperbincangkan bukan karena kelucuannya melainkan karena outfit yang dikenakan. Terdapat foto Jan Ethes pada saat upacara peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Sabtu (17/8/2019).

Dengan menggunakan baju adat berwarna kuning, warganet salah fokus ke sepatu yang digunakan oleh cucu pertama Jokowi tersebut. 



Ramai Tagar #JanEthesSukaBarangImpor, Ada Apa?Foto: jan ethes menggunakan sepatu Gucci (instagram: @Jokowi)


Usut punya usut, sepatu berwarna hitam itu bukan sembarang sepatu. Sepatu tersebut bermerek Gucci seharga £315.00 atau setara dengan Rp 5.445.496,87 (1 Pound = Rp 17.287,29)


Tagar #JanEthesSukaBarangImpor sontak menyeruat. Gucci memang dikenal sebagai jenama mewah yang berasal dari Italia. Tak semua orang mampu membeli merek ini karena harga yang fantastis. 
Warganet pun terbelah. Ada yang pro, ada yang kontra dengan fakta itu.

"Jan ethes dibully pake tagar #JanEthesSukaBarangImpor Jan ethes gak tau apa-apa. Tiba-tiba di-bully aja. Jan Ethes mau pake sepatu Gucci kek,bata atau apalah terserah aja dia kan orang kaya. Udah jadi pem-bully miskin pula," ujar Arul Efansyah pemilik akun @arulefansyah18, dikutip Minggu (18/8/2019).

"Bukan nge-bully Jan Ethes, hanya saja ingin mengingatkan bahwa rakyat pernah disalahkan karena pakai produk impor. #JanEthesSukaBarangImpor," kata Asrul.

Selain itu, banyak warganet yang beranggapan, penampilan sang cucu ini sangat berbanding terbalik dengan ucapan Jokowi. Seperti diketahui, eks Wali Kota Solo itu selalu 'meneriakkan' untuk mencintai produk dalam negeri dan mendorong produk dalam negeri agar dapat mendunia.



Pada Kamis (15/8/2019), Jokowi menegaskan tak akan ragu menggelontorkan anggaran dalam jumlah besar untuk membuat produk Indonesia bisa berjaya di pusat perbelanjaan di negara lain.


"Cari mall strategis misalnya di Malaysia, Singapura, Filipina, Hong Kong, Vietnam, kuasai separuhnya, isi merek-merek kita," ujarnya di depan depan ratusan pengusaha dalam pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) dan Parade Merek Lokal Indonesia Tahun 2019 di Mall Senayan City, Jakarta.

"Saya sedih kadang-kadang datang ke negara lain, banyak restoran Thailand, tetapi Indonesia tidak ada. Ini membangun sebuah brand negara ya ini. Mestinya Sari Ratu ada di mana-mana," keluh Jokowi.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading