Meraup Cuan dari Bisnis Gaya Hidup Sehat Kaum Urban

Lifestyle - Linda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
14 July 2019 11:30
Meraup Cuan dari Bisnis Gaya Hidup Sehat Kaum Urban Foto: Dok The Bulk Store & Co
Jakarta, CNBC Indonesia - Gaya hidup sehat kini sudah banyak diterapkan oleh sebagian besar masyarakat Tanah Air. Tidaklah heran bila sekarang banyak toko yang menawarkan bahan-bahan makanan organik dan alami.

Ini pula yang ditawarkan The Bulkstore & Co. Mereka menawarkan aneka bahan makanan organik dan barang-barang untuk kesehatan lainnya. Berdiri sejak 26 Mei 2019 lalu, CEO of The Bulkstore & Co, Putri Arif Febrila membeberkan alasan di balik bisnis itu.

"Latar belakangnya ada lima founders (pendiri) dengan latar berbeda tapi memiliki satu visi, yakni gaya hidup sehat juga ingin membantu petani menyalurkan hasil panennya," kata Putri kepada CNBC Indonesia, pekan lalu.


Dia mengatakan bahwa pelanggan yang datang tergolong banyak meskipun baru 1,5 bulan berdiri. Sebut saja untuk hari biasa sekitar 15-20 orang, sedangkan akhir pekan bisa mencapai 50 orang.

Selain bahan makanan dan bumbu-bumbuan, The Bulkstore & Co juga menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sampo dan sabun yang lebih ramah lingkungan, baik dari segi kemasan maupun bahan penyusunnya. 


Berbicara harga sangatlah terjangkau, yakni Rp 38 hingga Rp 5.000 untuk per gram nya. Konsep pembelian pun dibuat sesuai kebutuhan sehingga tidak akan menghabiskan isi kocek Anda.

Lantas, dari mana produk ini didapatkan? Putri mengaku bahwa sebagian besar dari Indonesia, seperti Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

Meski pemain di industri ini masih kecil, namun Putri yakin bisa mendapatkan tempat di hati para masyarakat. Namun lagi-lagi, fokusnya saat ini adalah ingin memberikan edukasi pasar untuk berbelanja yang lebih sehat.


"Sebenarnya pas kita awal itu belum ada di Jakarta dan semuanya yang kita lihat adalah semua berminat pada industri ini. Tapi enggak melulu soal uang karena concern kita di mana menawarkan produk yang semua orang cari dan butuh dengan kualitas terbaik," kata dia.

Meraup Cuan dari Bisnis Gaya Hidup Sehat Foto: Dok The Bulk Store & Co


Tidak hanya The Bulk Store & Co, Naked Inc juga menjadi salah satu toko grosir yang menjual makanan organik dan produk berbahan alami. Toko ini menawarkan solusi gaya hidup ramah lingkungan.

Toko unik ini digadang-gadang menjadi salah satu pelopor ramah lingkungan yang dirasa efektif untuk mengajak kalian untuk menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan.

Owner Naked Inc Kiana Lee mengatakan, toko ini menyediakan aneka kebutuhan pokok ramah lingkungan seperti bahan makanan organik, bahan dapur hingga alat-alat rumah tangga.

Meraup Cuan dari Bisnis Gaya Hidup Sehat Foto: Dok Naked Inc


Zero waste
Baik Naked Inc dan The Bulkstore & Co, keduanya menerapkan konsep Zero Waste. Anda yang ingin berbelanja pastikan membawa kantong atau kontainer kalian sendiri. Jika kalian lupa membawa wadah sendiri, keduanya menyediakan kantong kertas, kantong kanvas, dan toples kaca yang bisa dibeli.


Penawaran gaya hidup zero waste atau ramah lingkungan yang dilakukan merupakan salah satu langkah baru buat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.


Konsep lain yang mungkin akan terasa asing bagi yang belum pernah berbelanja di toko ramah lingkungan adalah perihal takaran dan pembayaran dari produk-produk yang dijual. Produk yang dijual tidak dikemas layaknya toko pada umumnya.

Barang yang dibeli menurut satuannya bukan pada kemasan. Barang-barang yang dihitung seperti satuan berat (gram) untuk barang padat dan volume (liter) untuk bahan berbentuk cair. Dengan sistem ini, maka menjadi sangat penting bagi pelanggan untuk mengetahui berat dan ukuran dari wadah yang mereka bawa.

Jadi, gimana? Tertarik berbelanja di toko ramah lingkungan?

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading