Siapa Jawara Online Shop Saat Lebaran versi XL?

Lifestyle - tahir saleh, CNBC Indonesia
11 June 2019 10:26
Siapa Jawara Online Shop Saat Lebaran versi XL?
Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengungkapkan deretan situs e-commerce yang paling banyak diakses pelanggan XL selama periode Lebaran 2019 (H-1 sampai dengan H+1).

Untuk aktifitas pembelian online selama lebaran 2019 ternyata mengalami perubahan pola dibandingkan lebaran 2018. Bila Lebaran 2018, situs Lazada paling banyak diakses pelanggan, maka selama Lebaran 2019, Shopee menjadi situs belanja online yang paling banyak diakses pelanggan, disusul Bukalapak dan Tokopedia.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, mengatakan selain perubahan pola dari Lebaran 2018, data dari pusat monitoring jaringan XL Axiata juga menunjukkan area-area dengan lonjakan trafik yang signifikan dibandingkan kondisi normal.



"Sebut saja seperti pusat perbelanjaan, meningkat 6%, lokasi wisata naik 9%, bandara naik 5%, dan stasiun kereta rata-rata naik 12%," katanya dalam siaran pers, diterima CNBC Indonesia, Selasa (11/6/2019).

Lebih lanjut Yessie mengungkapkan layanan pesan berbasis data (instant messaging) seperti WhatsApp,Line dan sebagainya secara rata-rata meningkat 48%, layanan jejaring sosial simple notification service/SNS (Facebook, Twitter, Instagram) juga meningkat 17%.

Selain itu layanan streaming video dan sebagainya meningkat 22%. Bahkan pada Lebaran tahun ini ada kenaikan akses games sebesar 15%.

Kontribusi peningkatan trafik akses SNS di hari Lebaran terutama didukung meningkatnya trafik mengakses aplikasi Instagram (35%), ada juga peta digital WAZE yang meningkatkan sebesar 93% dibandingkan hari biasa dan selama masa mudik layanan portal hiburan seperti Spotify naik 8% dan Netflix 77%.

Kota-kota yang menyumbang kenaikan trafik tertinggi berada di wilayah-wilayah yang menjadi tujuan mudik atau perpindahan pelanggan tersebut. Kota Jepara menjadi kota dengan trafik tertinggi dengan naik 137% di banding hari normal, selanjutnya Kota Kuningan naik 102%, dan Kabupaten Pemalang naik 83%.

Di wilayah Kalimantan, kota dengan trafik tertinggi adalah Kabupaten Kutai Kartanegara naik 79%, kota Tanah Laut naik sekitar 51%, lalu diikuti kota Balikpapan naik 40%. Sementara di Sulawesi, Kabupaten Pinrang, naik sekitar 81%, dan Kota Manado naik sekitar 16%.

Saat Lebaran, Online Shop Mana Paling Banyak Diakses?Foto: infografis/ infografis barang yang paling banyak diborong dari toko online/ Aristya Rahadian Krisabella
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading