Nuansa Putih, Sri Mulyani Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Lifestyle - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
01 June 2019 08:05
Nuansa Putih, Sri Mulyani Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila
Jakarta, CNBC IndonesiaMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memimpin upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila. Upacara dilakukan di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan.

Dalam upacara ini, Sri Mulyani bertindak sebagai Pembina Upacara yang juga dihadiri oleh jajaran Eselon I Kemenkeu mulai dari Direktur Jenderal Anggaran Askolani, Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi, Dirjen Perbendaharaan Negara Marwanto, Dirjen PPR Luki Alfirman serta Sekretaris Jenderal Hadiyanto.


Upacara di Kementerian Keuangan diwarnai dengan nuansa putih dan hitam. Baik Sri Mulyani hingga peserta upacara menggunakan nuansa yang sama.


"Pada pagi hari ini, Sabtu, 1 Juni 2019 kita berkumpul dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila dengan tema Kita Indonesia, kita pancasila," ujar Sri Mulyani saat membuka amanatnya, Jakarta, Sabtu (1/6/2019).

Menurutnya, Indonesia adalah bangsa yang besar dengan beragam suku dan agama tapi bisa bersatu karena adanya Pancasila. Oleh karenanya, ia ingin dalam kesehariannya masyarakat bisa menjalankan tujuan dari Pancasila, yakni Kita Satu.

Nuansa Putih, Sri Mulyani Pimpin Upacara Hari Lahir PancasilaFoto: CNBC Indonesia/ Lidya Julita Sembiring

"Sebagaimana hidup, Pancasila mampu menyatukan kita semua dalam rangka menjaga kesatuan Negara RI. Pancasila merupakan keragaman dan jadi identitas nasional dalam wadah Bhineka Tunggal Ika," katanya.

Ia juga meminta agar dalam peringatan ini, seluruh pegawai Kemenkeu bisa melihat sejarah dari lahir nya Pancasila sebagai dasar ideologi bangsa. Dimana, para pemimpin bangsa dulu berbeda-beda tapi bisa menyatukan persepsi dan memilih Pancasila sebagai dasar negara.

"Pancasila sebagai perekat bangsa Indonesia sehingga bangsa mampu bersatu dan sepakat capai cita-cita kemerdekaan. Kita sekaligus harus pompa semangat bagi kita semua pemegang estafet untuk terwujudnya masyarakat dan bangsa Indonesia yang merdeka dengan terus jiwai Pancasila dan laksanakan nilai-nilainya."



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading