Internasional

Serahkan Fox ke Disney, Keluarga Murdoch Raup Rp 170,2 T

Lifestyle - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
20 March 2019 15:07
Serahkan Fox ke Disney, Keluarga Murdoch Raup Rp 170,2 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Disney secara resmi mengambil alih beberapa aset 21st Century Fox dalam sebuah transaksi senilai US$71,3 miliar (Rp 1.013 triliun).

Akuisisi itu disebut-sebut mengubah lanskap industri hiburan dunia. Tidak hanya itu, transaksi tersebut juga menambah pundi-pundi kekayaan salah satu dinasti terkuat di industri tersebut.

Rupert Murdoch, sang pemilik Fox, telah membangun kerajaan medianya selama lebih dari separuh abad. Ia kini dilaporkan memiliki kekayaan senilai US$19,3 miliar.


Mengutip Bloomberg News, Rabu (20/3/2019), keluarga Rupert Murdoch akan mendapatkan US$12 miliar atau sekitar Rp 170,2 triliun dari transaksi tersebut yang akan dibagikan kepada enam anak-anaknya, Prudence, Elisabeth, Lachlan, James, Grace Helen, dan Chloe.


Langkah itu akan membuat mereka menjadi miliuner namun memangkas kekayaan Murdoch senior menjadi US$7,3 miliar saja, menurut perhitungan Bloomberg Billionaires Index.

Fox menolak mengomentari hal ini.

Para pemegang saham dalam aset-aset yang dijual ke Disney memiliki opsi untuk menerima saham Disney atau uang tunai dari transaksi tersebut.

Lepas Fox ke Disney, Keluarga Murdoch Raup Rp 170,2 TRupert Murdoch (Foto: REUTERS/David Moir)

Berdasarkan hasil awal proses tersebut, para pemegang sekitar 52% saham meminta pembayaran tunai sementara 37% menginginkan saham Disney, kata perusahaan itu, Jumat lalu. Sisanya tidak mengajukan permintaan apapun, dilansir dari The New York Times.

Belum jelas pilihan apa yang diambil oleh para anggota keluarga Murdoch itu, tulis Bloomberg.

Akuisisi itu membuat beberapa aset milik 21st Century Fox kini berpindah tangan ke Disney, termasuk bisnis produksi filmnya yang mencakup Twentieth Century Fox, Fox Searchlight Pictures, Fox 2000 Pictures, Fox Family and Fox Animation.




Kemudian unit-unit televisi kreatif Fox, Twentieth Century Fox Television, FX Productions, dan Fox21 juga beralih kepemilikan.

Aset-aset lainnya seperti FX Networks, National Geographic Partners, Fox Networks Group International, Star India, dan kepemilikan Fox di layanan streaming Hulu, Tata Sky, dan Endemol Shine Group juga jadi milik Disney, mengutip siaran resmi perusahaan.


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading