Tahun Baru China, Ini Tanggal yang Bisa Bawa Keberuntungan

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
19 January 2019 12:01
Tahun Baru China, Ini Tanggal yang Bisa Bawa Keberuntungan
Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun baru China atau Imlek kali ini akan jatuh di tanggal 5 Februari 2019. Berbagai macam tradisi dan perayaan agama akan menghiasi Imlek di tahun Babi Tanah.

Masyarakat Tionghoa juga memiliki tanggal-tanggal baik tertentu pada sepanjang bulan di awal tahun baru ini. Biasanya tanggal tertentu itu dipercaya dapat membawa keberuntungan jika dilakukan untuk menjalankan sesuatu yang pas, termasuk dalam kegiatan ekonomi.

Hari pertama tahun baru China menandakan awal baru dan biasanya orang-orang bangun lebih awal untuk bersiap mengunjungi sanak saudara dan teman-temannya. Biasanya di hari ini orang-orang memakai pakaian baru dan saling tukar salam menyampaikan keberuntungan. "Bai Nian" merupakan tradisi yang dilakukan untuk mengekspresikan pengharapan baik untuk orang-orang tercinta sepanjang tahun.
Tahun Baru China, Ini Tanggal yang Bisa Bawa KeberuntunganFoto: Penjualan pernak pernik Imlek (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Biasanya di awal tahun, orang-orang memulai dengan sarapan bersama keluarga, juga menggabungkan warna oranye dan merah dalam pakaian tahun barunya.

Mengutip 2019 Fengshui Survival Guide, berikut adalah beberapa tanggal penting yang bisa dijadikan acuan untuk membawa keberuntungan lebih baik dalam cinta, kehidupan, maupun karir.

6 Februari

Biasanya dikenal sebagai "Ying Xu Ri" (hari untuk menyambut menantu laki-laki), anak perempuan yang sudah menikah dan pasangannya akan kembali ke rumah keluarga perempuan dengan membawa kado dan angpao untuk anak-anak.

7 Februari

Hari ketiga di tahun baru China ini dikenal sebagai "Chi Gou Ri" (hari anjing merah), yang seharusnya menjadi hari yang tidak menguntungkan, sehingga orang-orang memilih untuk tidak keluar rumah.

8 Februari

Hari keempat di tahun baru China ini merupakan hari untuk menerima kembali dewa-dewa yang di kirim pada hari ke-24 di bulan ke-12 tahun lunar di tahun sebelumnya. Mereka yang memiliki tempat sembahyang di rumah biasanya berdoa dan meminta diberkahi di hari ini.

9 Februari

Hari kelima ini dikenal sebagai "Po Wu" ('Po' berarti hancur), menunjukkan banyak hal yang tabu dapat dipatahkan. Di China, ada tradisi bernama 'song qiong', yang secara harfiah berarti menghapuskan kemiskinan.

10 Februari

Hari ke enam tahun baru China dikenal sebagai "Hari Kuda". Ini adalah hari resmi untuk memulai pekerjaan. Pada zaman dahulu, ini juga menjadi hari di mana para buruh mulai bekerja di kebun dan bersiap untuk membajak musim semi.

11 Februari

Hari ketujuh untuk bulan baru China dikenal sebagai "Hari Manusia". Di era modern, ini dijadikan hari untuk mulai menjadi vegetarian. Melemparkan yu sheng (salad penuh warna dengan ikan mentah) di hari ini sudah menjadi tradisi di Singapura.

12 Februari

Dikenal sebagai "Hari Millet", di masa lalu, orang tidak akan memakan masakan yang berbahan baku biji-bijian di hari ini. Kebiasaan ini berasal dari penilaian orang mengenai pertanian dan makanan. Sekarang ini banyak orang melakukan hal baik di hari ini dengan harapan akan memiliki tahun yang mudah.

13 Februari

Dikenal sebagai "Hari Surga", hari kesembilan tahun baru China ini dikenal sebagai hari ulang tahun Kaisar Langit. Pada hari ini doa dipanjatkan kepada Kaisar Langit sebagai bentuk penghormatan.

14 Februari

Hari ke-10 dalam tahun baru China ini dikenal juga sebagai "Hari Batu". Ini berarti semua alat penggilingan atau alat yang terbuat dari batu harus dihindari. Bahkan ada orang yang memberi persembahan pada batu di hari ini untuk kesejahteraan tanaman mereka.

15 Februari

Hari ke-11 tahun baru China ini merupakan hari untuk menghibur menantu laki-laki. Di hari ini ayah mertua akan memberi menantu laki-lakinya sesuatu yang menyenangkan. Namun, hal ini jarang sekali di lakukan di China belakangan ini.

16-18 Februari

Setelah hari ke-11, saatnya untuk menyiapkan kedatangan Yuan Xiao, sebuah Festifal Lentera.

19 Februari

Festifal Yuan Xiao atau Festifal Lentera jatuh di hari ke-15 tahun baru China, dan menandakan datangnya bulan penuh pertama dalam setahun. Hari ini juga dikenal sebagai hari Valentine China.









(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading