Agar Beres Tepat Waktu, Inilah 9 Kiat Kerja dari Rumah

Lifestyle - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
17 December 2018 17:59
Jakarta, CNBC Indonesia - Kerja dari rumah bukan lagi ekslusif milik pekerja lepas. Sekarang mulai banyak kantor yang memberikan fasilitas bagi pegawainya untuk bekerja dari mana saja, termasuk dari rumah.

Kita tidak perlu bermacet-macet ria menempuh perjalanan jauh demi ke kantor. Gangguan bergosip, makan siang berlama-lama dan ajakan rapat dadakan juga bisa kita hindari. Kerja dari rumah juga berarti saat bangun tidur, enggak perlu gosok gigi apalagi mandi, kita sudah bisa mulai bekerja. Bahkan bisa diselingi tidur siang segala.

Tapi tentunya bekerja dari rumah tidak semudah itu. Di rumah memang tidak ada teman kerja yang mengganggu, tapi sebagian dari kita memiliki anak atau pekerjaan rumah tangga yang harus diurus. Ditambah lagi tanpa disiplin diri yang kuat, sangat mudah terpleset dalam jurang kemalasan.


Jadi gimana caranya supaya kerjaan beres diselesaikan dari rumah? Berikut ini 9 tips agar kerja dari rumah bisa beres tepat waktu dan menyenangkan.

1. Mulai sepagi mungkin
Kegiatan mandi dan bergegas ke kantor sangat bisa membangunkan raga serta pikiran. Ketika bekerja di rumah, bantal dan guling seolah berbisik agar kita melanjutkan mimpi. "Nanti saja bangunnya, toh, enggak ada absen," bisik mereka kompak.

Mulai bekerja sepagi mungkin justru membuat kita lebih produktif untuk menyelesaikan semua tugas yang harus diselesaikan hari tersebut. Memang enggak perlu mandi, tapi cuci muka sangat membantu untuk segera mulai kerja.

Kalau perlu buat yang muslim, setelah sholat Subuh, segeralah bekerja. Saat anak belum bangun, mulai bekerja. Percayalah, semakin ditunda, semakin sulit memotivasi diri kita mulai bekerja.

2. Bersikap seolah pergi ke kantor
Motivasi menjadi produktif semakin tinggi seiring dengan rutinitas yang dilakukan sebelum bekerja. Begitu pula yang terjadi dengan bekerja dari rumah.

Lakukan rutinitas yang akan membangun motivasi bekerja. Meski enggak ada rekan kerja yang melihat saat work from home, bila mandi dan berdandan bisa bikin kita semangat, ya lakukan saja.

3. Aturan bagi anggota keluarga serumah
Beri pengertian bagi anggota keluarga bahwa pada jam tertentu kita sedang serius bekerja sehingga tidak bisa diganggu. Kita bisa menempelkan signs di depan kamar yang digunakan sebagai tempat kerja.

Misal, sticker warna merah, artinya tidak bisa diganggu. Sticker kuning, berarti bisa sedikit diganggu. Post it hijau berarti boleh masuk. Kuncinya kita harus konsisten dengan jadwal yang diterapkan.

4. Pilih Satu Spot Tempat Kerja
Hindari bekerja di tempat yang sudah kita asosiasikan dengan waktu bersantai. Seperti di sofa atau tempat tidur. Ciptakan tempat bekerja yang nyaman di salah satu sudut rumah. Lebih bagus lagi bila kita mau berinvestasi dengan membeli meja dan kursi yang nyaman.

Frank Niles, co-founder dan partner Fayetteville, firma pelatihan dan konseling bagi eksekutif di Amerika, berkata, "Kelihatannya enggak penting, tapi sebenarnya penting, beli lah kursi kerja yang nyaman. Kita jadi lebih termotivasi untuk tekun bekerja dan menjadi produktif."

Cobalah kursi kursi ergonomis yang ditawarkan di toko dan browsing online untuk mendapatkan harga yang kompetitif. Gunakan Kartu Kredit digibank Live Fresh untuk membelinya lebih hemat 25% dan ubah transaksimu menjadi cicilan 0% di Aplikasi digibank by DBS. (dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading