Ini Cerita di Balik Sukses Promotor Datangkan Artis Korea

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
15 December 2018 07:33
Ini Cerita di Balik Sukses Promotor Datangkan Artis Korea
Jakarta, CNBC Indonesia - "Demam Korea" dalam beberapa tahun terakhir seperti jadi wabah yang tak bisa dibendung. Industri budaya seni Korea atau yang dikenal K-pop jadi peluang bisnis menarik bagi para pengiat bisnis hiburan.

Melihat kecenderungan tersebut, tentunya saha ini menjadi peluang menarik para promotor untuk mendatangkan para artis K-pop yang punya fans jutaan orang di Indonesia.

Salah satunya, Mega Indah selaku promotor bernama IME dan pernah mendatangkan grup boyband BTS mengatakan bahawa animo dan permintaan akan penyanyi Korea sangat besar. Ini tentunya sangat menguntungkan karena di Indonesia sendiri cukup banyak komunitas fans artis Korea dengan anggota ribuan bahkan mungkin jutaan.
Foto: Boy band BTS (REUTERS/Mario Anzuoni)

Adapun bintang K-pop yang pernah IME Indonesia tangani adalah BTS, CNBLUE, Wanna One, Taeyang, GD dan JBJ. Menurutnya ini adalah sebuah mimpi yang tidak pernah dibayangkan.


"Jadi kebetulan aku pernah jadi fans K-pop juga saat SMA dulu. Jadi paham struggle suatu fandom buat mendatangkan grup idolanya buat konser tuh enggak mudah. Padahal antusiasme mereka tinggi banget, banyak yang niat nabung juga kan, jadi termotivasi saja dan alhamdulillah dapat rejeki kerja di promotor, yang hitung-hitung payback buat kawan kawan sejawat di fandom dengan ngasih servis yang terbaik," kata Mega kepada CNBC Indonesia.

Kendati demikian dia pun mengaku bahwa untuk mendatangkan artis Korea butuh pengeluaran dan persiapan yang lebih besar. Riders atau kesepakatan antara si artis dengan panitia biasanya banyak sekali.

Tak sekedar musiman, Dia pun menilai bahwa Indonesia cukup tinggi untuk minat masyarakat terhadap artis-artis pop Korea.

"Bagus banget sejauh ini mereka selalu antusias dan emang K-pop kayanya masih akan di atas angin buat beberapa waktu lama termasuk di Indonesia," kata dia.

Sementara berbicara kerjasama, Mega pun mengaku tidak bisa sembarangan. Sebab masyarakat Korea berbeda dengan pihak Eropa karena mereka memiliki tingkat profesionalisme tinggi.

"Dan ada juga beberapa hal antar kita dan manajemen Koreaa yang memang enggak buat konsumsi publik, jadi selalu ada pihak yang kurang puas, dan kami dan enggak bisa menyenangkan semua pihak, tapi itu sudah risiko kan. Yang penting harus jeli melihat situasi dan keadaan saat deal dengan pihak artis," kata dia.

Untuk kedepannya, IME Indonesia akan mempersiapkan konser K-pop lainnya di Jakarta. Rencananya, Blackpink lah yang akan hadir ke Indonesia setelah sebelumnya juga pernah hadir saat Harbolnas dari Shopee.

BlackpinkFoto: Blackpink (CNBC Indonesia/Fetty)
Blackpink
(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading