Mau Liburan Awal Tahun, Ini 13 Destinasi yang Menarik

Lifestyle - Iswari Anggit, CNBC Indonesia
17 November 2018 14:34
13 tempat yang menjadi destinasi wisata pilihan, mulai dari pulau tropis, fenomena alam yang menakjubkan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Januari menjadi waktu yang tepat untuk berlibur. Hal ini dikarenakan, Januari tidak termasuk dalam holiday season, dengan demikian budget untuk berlibur di bulan pertama ini, tentu lebih murah.

Bagi yang belum tahu mau berlibur ke mana, Business Insider punya rekomendasi tempat, yang bisa dijadikan pilihan.

Melansir dari Business Insider Singapore, terdapat 13 tempat yang menjadi destinasi wisata pilihan, mulai dari pulau tropis, fenomena alam yang menakjubkan, hingga festival yang mampu menarik lebih dari 10 juta pengunjung tiap tahun.


Penasarankan?

Ini dia, 13 tempat liburan yang membuat awal tahun 2019 tak terlupakan:

1. Los Angeles, California
Los Angeles biasanya menjadi salah satu kota termahal di AS bagi para traveller, tetapi jika dikunjungi pada Bulan Januari, para traveller bisa lebih berhemat. Apalagi, di sepanjang musim dingin, harga hotel dan tiket pesawat ke California, juga lebih murah.

Di Bulan Januari, seluruh destinasi wisata di LA terlihat sangat "hidup".

Para traveller bisa bermain di Universal Studios Hollywood, atau mengunjungi Griffith Observatory, untuk sekadar duduk di lereng dan menikmati pemandangan Downtown LA serta Hollywood.

Jika ingin berbelanja, para traveller bisa mengunjungi toko-toko di Rodeo Drive.

Meskipun di Bulan Januari udara masih sangat dingin, apalagi untuk berenang, namun tidak sedikit traveller yang memilih untuk berkunjung ke Venice Beach dan Santa Monica Beach.
Mau Liburan Awal Tahun, Ini 13 Destinasi yang MenarikFoto: Sebuah rambu jalan untuk jalan Los Angeles ditampilkan di pusat kota Los Angeles, California, AS, 24 Oktober 2018. REUTERS / Mike Blake
2. Aspen, Colorado
Bagi traveller yang suka olahraga musim dingin, bermain ski di pegunungan Aspen, Colorado, tentu bisa menjadi pilihan yang tepat.

Awal Januari pun menjadi bulan dengan tarif paling bersahabat untuk bermain ski, maupun memesan hotel di sana.
Hal ini dikarenakan, awal Januari menjadi "sweet spot", atau peralihan antara musim liburan di Bulan Desember dengan akan dimulainya ajang olahraga extrem (X Games tahunan), di akhir Bulan Januari.
Mau Liburan Awal Tahun, Ini 13 Destinasi yang MenarikFoto: Aspen, Colorado, (Youtube)
3. Caladesi Island, Florida
Caladesi Island, diperuntukkan bagi traveller yang suka bepergian sendirian dan ingin menikmati ketenangan, serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Caladesi Island merupakan sebuah pulau yang masih "asli" dan lokasinya cukup terpencil di Florida.
Untuk sampai ke sana, para traveller harus menyewa kapal feri.

Di Caladesi Island, para traveller bisa benar-benar menikmati waktu pribadi (me time) mereka.

Kartu pos yang dijual di toko souvenir kecil, bisa menjadi pilihan untuk oleh-oleh dari pulau yang sangat tenang dan damai ini.
Mau Liburan Awal Tahun, Ini 13 Destinasi yang MenarikFoto: Caladesi Island, Florida (Ist/Youtube.com)
4. Puerto Escondido, Mexico
Puerto Escondido, merupakan Bahasa Spanyol untuk menggambarkan surga yang tersembunyi.

Puerto Escondido sangat tepat bagi traveller yang suka aktivitas air, seperti scuba diving.
Para traveller akan dibuat takjub dengan pesona lautnya. Tak jarang, para traveller yang sedang menyelam disapa oleh lumba-lumba, penyu, serta ikan paus.

Di Puerto Escondido, para traveller juga bisa menunggang kuda. Kemudian menikmati hidangan laut lokal, yang ditangkap lamgsung dari Samudra Pasifik.
Mau Liburan Awal Tahun, Ini 13 Destinasi yang MenarikFoto: Puerto Escondido, Mexico (Youtube.com)
5. St. Kitts dan Nevis
St. Kitts dan Nevis, merupakan pulau kembar yang berbatasan dengan Laut Karibia. Bagi traveller dengan jiwa petualang, St. Kitts dan Nevis menjadi destinasi wisata yang tepat.

Hal ini dikarenakan, St. Kitts dan Nevis tak hanya menyuguhkan pemandangan pantai yang menakjubkan, tapi juga kental dengan sejarahnya.

Jika berkunjung ke Ibukota Basseterre di St. Kitts, para traveller bisa menjelajahi beberapa peninggalan pemerintahan Inggris, seperti Brimstone Hill Fortress.
Mau Liburan Awal Tahun, Ini 13 Destinasi yang MenarikFoto: st. kitts and nevis (Travelguru.tv via Youtube.com)
6. Salar de Uni, Bolivia
Salar de Uni, Bolivia merupakan dataran garam terbesar di dunia.

Biasanya, Bulan Desember hingga Februari, hujan lebat menyelimuti kawasan itu, dan mengubah dataran garam menjadi cermin raksasa yang memancarkan ilusi optik surealis.

Pemandangan ini tentu akan memberi "warna" bagi liburan para traveller sekalian.
Mau Liburan Awal Tahun, Ini 13 Destinasi yang MenarikFoto: Salar de Uyuni, Bolivia (Youtube.com/kara&nate)
7. Madeira, Portugal
Madeira merupakan daerah otonom dari Portugal, yang berlokasi di lepas Pantai Maroko.

Di sana, para traveller bisa menikmati pemandangan lembah yang asri, dan dekat sekali dengan pantai.
Aktivitas menarik lalinnya yang bisa dilakukan para traveller yakni, bersepeda gunung, paralayang, dan bermain canno.
Di malam hari, para traveller bisa mencoba kehidupan malam di ibukota Funchal.
Mau Liburan Awal Tahun, Ini 13 Destinasi yang MenarikFoto: Salar de Uyuni, Bolivia (Youtube.com/kara&nate)
8. Innsbruck, Austria
Innsbruck, Austria, dikenal di dunia karena pemandangan puncak Gunung Alpen dan pesona "kota tua"-nya. Kota ini pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin pada tahun 1964 dan 1976, yang menarik para pemain ski dari seluruh dunia.

Para traveller bisa berkeliling kota, sembari menikmati pemandangan lokal, termasuk Katedral di St. Jacob dan kastil Schloss Ambras, dengan arstitektur Renaissance.
Mau Liburan Awal Tahun, Ini 13 Destinasi yang MenarikFoto: Innsbruck, Austria (Youtube.com)
9. Transylvania, Romania
Transylvania merupakan salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Eropa. Di sana kaya akan sejarah, pesona budayanya, dan suasana abad pertengahan.

Di wilayah ini, terbentang sekitar 100 istana dan 70 gereja. Salah satu yang paling terkenal, ialah Kastil Bran.

Traveller bisa menjelajah melalui jalan-jalan Sighisoara yang penuh warna dan kota kecil lainnya. Dengan latar belakang Pegunungan Carpathian yang menjulang, membuat para traveller serasa berada dalam negri dongeng.
Mau Liburan Awal Tahun, Ini 13 Destinasi yang MenarikFoto: Transylvania, Romania (Youtube.com)


10. Harbin, China
Suhu musim dingin yang mencapai minur deraja celcius di Harbin, kota paling utara di China, tak menyurutkan niat para traveller untuk berkunjung ke sana. Lebih dari 10 juta wisatawan, setiap Bulan Desember sampai Februari, berkunjung ke sana. Hal ini dikarenakan, pada bulan-bulan tersebut ada "Festival Es dan Salju Internasional Harbin".

Festival Harbin, merupakan festival salju terbesar dari di dunia. Festival ini berpusat di sebuah taman dengan berbagai lampion terang, kastil, patung, dan replika monumen seperti, Taj Mahal dan Sphinx. Uniknya, semua itu diukir dari es.

Kalau berlibur ke sini, jangan lupa membawa baju hangat ya.
Mau Liburan Awal Tahun, Ini 13 Destinasi yang MenarikFoto: Harbin CHina, Youtube.com


11. Phuket, Thailand

Sepanjang tahun, Phuket, Thailand menjadi destinasi wisata terfavorit.

Hamparan pasir putih, serta airnya yang jernih, menjadi daya tarik yang tak dapat ditolak oleh traveller pecinta pantai tropis. Traveller dapat memilih beragam aktivitas menarik di sini, seperti menyelam, atau sekadar berbaring dan menikmati hangatnya sinar mentari.

Tak hanya dikenal akan keindahan pantai tropisnya, di Phuket, Thailand, para traveller juga bisa berlibur sekaligus menambah wawasan di Taman Nasional Khao Phra Taew.
Sesudahnya, jangan lupa untuk bersantai dan menikmati pijat spa ala Thailand.

Semakin malam, Phuket, Thailand semakin "hidup". Traveller bisa menjelajah kehidupan malam di sini atau memilih mencicip berbagai street food yang tersedia.
Mau Liburan Awal Tahun, Ini 13 Destinasi yang MenarikFoto: Phuket, Thailand, Youtube.com
12. Wanaka, New Zealand
Wanaka merupakan sebuah kota yang indah di Pulau Selatan, Selandia Baru, dan itu adalah tempat yang sempurna untuk berpetualang.
Pemandangan gunung dan tepi danau kota, serta jaraknya yang sangat dekat dengan Mt. Aspiring National Park, menjadikan tempar ini pusat hiking, bersepeda, panjat tebing dan terjun payung.

Ingat, Januari berarti cuaca hangat di belahan dunia ini.

Di kota, para traveller bisa menikmati anggur, dan memghabiskan waktu di tempat unik seperti Puzzling World, serta National Transport and Toy Museum.
Mau Liburan Awal Tahun, Ini 13 Destinasi yang MenarikFoto: wanaka new zealand (Youtube.co/MustdoNewzealand)
13. São Tomé and Príncipe
Negara kepulauan kecil São Tomé dan Príncipe di lepas pantai Afrika Tengah, menawarkan pengalaman road-less travelling, bagi mereka yang berjiwa petualang dan suka tantangan.

Para traveller bisa memiliki kesempatan untuk tinggal di rumah perkebunan tradisional dan menikmati musik, tarian, dan hal menarik lainny di desa Creole, yang berlokasi di sepanjang Pantai Selatan São Tomé.

Jika berkunjung ke sana, jangan lupa untuk mampir ke Taman Nasional Obo, hutan hujan yang masih asli. Bahkan, World Wildlife Fund mengklaim taman ini sebagai salah satu wilayah biologis terpenting di planet ini.
Mau Liburan Awal Tahun, Ini 13 Destinasi yang MenarikFoto: São Tomé and Príncipe, (Youtube.com/Destination Africa)

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading