Ini Alasan Pentingnya Milenial Punya Asuransi

Lifestyle - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
17 January 2018 10:30
Risiko bisa dimitigasi dengan adanya asuransi
Jakarta, CNBC Indonesia-Tak ada orang yang mau mengalami musibah. Tetapi sering kali musibah selalu muncul tanpa terduga.

Asuransi menjadi salah satu instrumen penting untuk bisa mengantisipasi risiko yang timbul. Bukan melampaui Tuhan sehingga bersikap sok tahu akan risiko, namun ada baiknya untuk menyiapkan diri sebelun terlambat.

Perencana Keuangan Eko Endarto mengatakan, untuk bisa membuka mata masyarakat akan pentingnya asuransi, perlu ditanamkan anggapan tentang perlunya mempersiapkan masa depan sejak dini.


"Sederhana saja, harus di tanamkan bahwa masa depan akan makin berisiko dan kita tidak akan bisa menanggung semua risiko itu,"ujar dia kepada CNBC Indonesia melalui pesan singkat, Rabu (17/1/2018).


Pemahaman ini, menurut dia juga harus ditanamkan kepada milenial. Pasalnya, milenial cenderung tidak mempersiapkan dirinya menghadapi masa depan yang penuh risiko.

ā€¯Mempersiapkan masa depan tidak ada yang bisa bantu, kecuali dirinya sendiri. Nah, asuransi membantu mengurangi risiko di masa depan itu,"ungkap dia.

Pengelolaan risiko ini, lanjut Eko tidak hanya untuk jiwa ataupun persiapan dana di masa depan. Pengelolaan risiko terhadap aset yang dimiliki, menurut dia juga penting.

"Kalau risiko terjadi pada pemilik aset, mau minta tolong siapa? Kalau ada asuransi kan dia bisa tidak berisiko,"ucap dia.

Kemudian mengenai pemilihan produk asuransi yang tepat, menurut Eko harus disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, untuk asuransi kesehatan, apabila seseorang sudah merasa cukup dengan memiliki produk BPJS Kesehatan saja, tidak perlu membeli asuransi komersial.

"Tidak harus (membeli asuransi komersial), sesuaikan dengan kebutuhan saja,"ucap dia.
Artikel Selanjutnya

Mau Pensiun Dini? Lakukan 6 Kebiasaan Ini di Usia 20-an


(roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading