Cek Kelebihan Investasi Reksa Dana Syariah, Halal & Anti Riba

Investment - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
17 January 2023 09:13
Tuah Reksa Dana Syariah (CNBC Indonesia TV) Foto: Tuah Reksa Dana Syariah (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sistem perbankan berbasis syariah mengalami perkembangan cukup pesat di Indonesia. Hal ini juga didukung perbankan konvensional yang turut mendirikan unit usaha syariah demi melengkapi layanan perbankan kepada masyarakat.

Namun perlu diingat, produk syariah tidak hanya ada di perbankan, melainkan juga di pasar modal. Beragai produk investasi di pasar modal seperti saham, surat utang hingga reksa dana banyak yang berbasis syariah.

Khusus untuk produk reksa dana syariah, instrumen ini mulai banyak dilirik sebagai alternatif investasi karena selain menguntungkan, juga halal, dan bebas riba dibandingkan investasi reksa dana konvensional.

Dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK) produk reksa dana syariah dijamin kesyariahannya oleh Dewan Syariah Nasional dan dikelola oleh unit khusus yakni manajer investasi syariah. Reksa dana syariah juga disebut memiliki rata-rata pertumbuhan market cap paling tinggi. Di samping itu, reksa dana syariah juga memiliki beberapa keuntungan. Antara lain sebagai berikut.

Halal

Reksa dana syariah menggunakan prinsip pengelolaan investasi syariah sehingga investor terjamin dengan perputaran uang yang halal. Perputaran uang halal ini dijamin karena berpedoman dengan cara-cara dan syarat yang mengikuti hukum serta ketentuan dalam Islam.

Investasi syariah didahului dengan akad alias perjanjian dari kedua pihak, juga dilakukan pembahasan terlebih dahulu dan diusahakan agar terhindar dari hal-hal yang diharamkan syariat Islam. Karena itu, pihak-pihak yang berinvestasi dan penanam modal dapat merasa aman.

Bagi calon investor yang tertarik untuk untuk mendapatkan kelebihan itu di reksa dana syariah, produk reksa dana Syailendra Sharia Money Market Fund (SSMMF) bisa menjadi pilihannya. SSMMF merupakan produk reksa dana syariah unggulan dari PT Syailendra Capital, salah satu manajer investasi dengan dana kelolaan terbesar di Indonesia.

SSMMF berinvestasi 100% di instrumen pasar uang syariah dalam negeri yang mempunyai jatuh tempo tidak lebih dari satu tahun.

Dengan risiko yang lebih rendah dari jenis reksa dana lain, SSMMF menjadi alternatif tepat untuk keperluan sebagai tempat dana parkir sementara sebelum menentukan tujuan investasi. SSMMF juga bisa menjadi tempat menyimpan dana darurat agar tidak tercampur dengan dana operasional sehari-hari. Selain itu, bisa jadi wadah menabung untukmewujudkan tujuan keungan jangka pendek, karena imbal hasilnya yang secara historis unggul dari indeks reksa dana pasar uang dan indeks reksa dana pasar uang syariah dengan pergerakan harga yang stabil.

Grafik Reksa Dana Syailendra Sharia Money Market FundFoto: dok Grafik Reksa Dana Syailendra Sharia Money Market Fund, Indeks Reksa Dana Pasar Uang, dan Indeks Reksa Dana Pasar Uang Syariah.

"SSMMF dapat dibeli di Aplikasi YO! Inves, Ajaib, Bareksa, Pluang, Tanamduit, SayaKaya, Buka Investasi Bersama, Kelola, dan Xdana." tulis Syailendra dikutip dari akun Instagram resmi @reksadana.syailendra.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Tips & Cara Berinvestasi yang Baik Agar Tak Boncos


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading