Emas Antam Hari Ini: 'B' Aja!

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
17 November 2022 10:05
Ilustrasi Emas Antam. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Ilustrasi Emas Antam. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk pada Rabu (16/11/2022) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung tetap Rp981.000 per gram. Harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) juga naik Rp2.000 menjadi Rp886.000/gram.

"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam.

Harga emas Antam stagnan saat emas dunia melemah. Pada perdagangan Rabu (16/11/2022) harga emas di pasar spot tercatat US$1.773,8 per troy ons, turun 0,25% dibandingkan posisi sebelumnya.

Berita yang memicu ketegangan geopolitik memiliki dampak terbatas pada emas, kata Daniel Ghali, ahli strategi komoditas di TD Securities, menambahkan akan ada jeda sampai informasi baru mengenai inflasi AS.

Presiden AS Joe Biden mengatakan rudal yang jatuh di Polandia mungkin tidak ditembakkan dari Rusia, meredakan kekhawatiran eskalasi besar dalam perang.

Pedagang memperhatikan data yang menunjukkan penjualan ritel AS meningkat lebih dari ekspektasi pada Oktober. Sementara data pada hari Selasa menunjukkan kenaikan harga produsen AS yang lebih kecil dari perkiraan pada bulan Oktober yang telah meningkatkan harapan Fed dapat memperlambat kenaikan suku bunga.

Naiknya suku bunga mengurangi daya tarik emas yang tidak memberikan imbal hasil. Permintaan turun, harga mengikuti

"Ada kemungkinan dalam waktu dekat kami terus melihat pergerakan ini lebih tinggi akibat short-covering tetapi di luar ambang $1.850 yang mungkin akan mereda, dan kami memperkirakan harga emas akan melemah setelahnya," tambah Ghali.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Cek Harga Emas Hari Ini: Akhir Bulan Mager


(ras/ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading