Mau Merdeka Finansial? Ini Tips Buat Kamu Pejuang Investasi

Investment - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
18 August 2022 10:40
Ajaib, platform investasi yang baru-baru ini menyandang status  unicorn, Foto: Dok Ajaib

Jakarta, CNBC Indonesia - Generasi muda di Indonesia sedang bersemangat untuk mewujudkan merdeka finansial melalui investasi. Salah satu instrumen yang diminati oleh anak-anak muda yakni investasi saham, dengan jumlah investor yang terus meningkat meski di tengah pandemi.

Sayangnya, banyak dari #PejuangInvestasi masih khawatir untuk melakukan investasi saham karena terlihat rumit. Para investor pemula juga banyak yang masih belum memahami risiko berinvestasi saham, atau harus memulai dari mana.

Financial Expert Ajaib Sekuritas Yazid Muamar mengatakan adanya kemajuan teknologi dalam beberapa tahun terakhir membuat investasi saham sangat mudah. Calon investor saham cukup melakukan pendaftaran di perusahaan sekuritas yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Tetapi perlu diingat, selain mendatangkan cuan investasi saham juga memiliki risiko. Untuk itu, sebelum memulai berinvestasi ada beberapa hal yang perlu disiapkan.

 

Yuk, simak 5 tips investasi saham ini :

 

1. Pastikan Biaya Hidup dan Dana Darurat Aman

Kamu dianjurkan untuk menggunakan 'uang dingin' dan tidak berinvestasi menggunakan dana darurat, apalagi sampai meminjam. Pasalnya dana tersebut adalah dana kebutuhan yang 'sakral' dan bukan untuk investasi. Ingat, dalam berinvestasi tetap ada potensi kerugian.

Sebaliknya, kamu bisa membuat anggaran keuangan dan menganalisa pengeluaran per bulan. Anggaran keuangan yang jelas juga mempermudah untuk memperkirakan jangka waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai merdeka finansial.

2. Pahami Keuntungan dan Risiko Investasi

Pemahaman risiko dan keuntungan investasi saham menjadi hal yang penting bagi investor. Caranya tentu saja dengan belajar. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai saham di banyak media, namun tetap perhatikan kredibilitas sumber yang dijadikan acuan.

Jangan ragu untuk berdiskusi dengan orang-orang yang memahami dan investor berpengalaman, yang sudah lama terjun ke dunia saham. Pengalaman dari para ahli dan mereka yang berpengalaman akan memberikan kamu gambaran bagaimana berinvestasi saham yang baik.

AjaibFoto: Dok Ajaib

3. Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum berinvestasi, pastikan kamu telah menentukan tujuan investasi terlebih dulu. Tujuan inilah yang nantinya akan mempengaruhi nominal serta jangka waktu yang diinginkan dan membuat kamu termotivasi berinvestasi dengan cara yang tepat.

4. Investasi Sesuai Kemampuan

Mulailah investasi sesuai kemampuan kamu. Meski potensi keuntungannya sangat menggiurkan, tetap ada risiko dibalik keuntungan tersebut. Jangan tergesa-gesa untuk investasi dengan nominal besar. Seiring bertambahnya pengetahuan dan kepercayaan diri kamu dalam berinvestasi, kamu pun akan semakin yakin untuk berinvestasi saham dengan nominal yang besar.

5. Jangan Fear of Missing Out (FOMO)

Banyak orang yang tergoda ketika nilai saham semakin naik atau ikut-ikutan membeli saham, karena orang tertentu tanpa mempelajari informasi lengkap mengenai perusahaan tersebut. Kamu dianjurkan untuk berbuat demikian dan harus fokus serta konsisten terhadap rencana investasi dan keuangan yang telah kamu buat.

Yazid mengungkapkan bahwa Ajaib Sekuritas bisa jadi pilihan untuk kamu yang hendak memulai investasi saham. Selain telah diawasi oleh OJK, Ajaib Sekuritas juga menawarkan registrasi akun 100% online yang mudah dan cepat di dalam aplikasi.

Di Ajaib Sekuritas, kamu juga akan dibantu dengan fitur-fitur seperti Competitive Ranking yang memungkinkan kamu untuk mengetahui kekuatan fundamental perusahaan, dibandingkan dengan kompetitornya.

Kemudian ada juga fitur Ajaib Alert, agar kamu jadi yang pertama tahu kapan saat terbaik untuk menjual atau membeli saham menurut pilihan kamu.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Oh, Ini Toh yang Bikin Masyarakat Terjerat Investasi


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading