Buruan Jadi Investor, Ini Daftar Saham yang Perlu Dicermati

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
11 August 2022 10:00
Suasana Gedung Kementrian di Kawasan Jakarta, Rabu 7/8. Pemindahan ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari Jakarta ke salah satu lokasi di Kalimantan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, mencapai Rp 466 triliun. Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan Salah satu komponen utama pendanaan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 
Potensinya sangat kasar. Pemetaan potensi aset di Medan Merdeka, Kuningan, Sudirman, dan Thamrin perkiraan Rp 150 triliun. Ini bisa menambal kebutuhan APBN. Tadinya dari APBN butuh Rp 93 triliun. Artinya dengan Rp 150 triliun bisa menutup untuk bangun istana, pangkalan TNI, dan kebutuhan rumah dinas. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Ilustrasi Gedung Perkantoran di Jakarta (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

2. Kinerja Keuangan Prima

Setelah mengelompokkan sektor yang diuntungkan, memilih emiten berdasarkan kinerja keuangan adalah satu hal yang utama bagi investor. Dari laporan keuangan investor bisa mendapatkan beragam informasi. Tak hanya melulu soal "cuan" perusahaan tapi juga kesehatan, daya tahan, kondisi, hingga risiko.

Ada dua metode analisis laporan keuangan yang bisa dilakukan investor yakni secara horizontal dan vertikal.

Metode horizontal adalah membandingkan objek atau pos pada laporan keuangan yang sama pada periode yang berbeda. Misalnya membandingkan pendapatan tiap tahunnya atau dengan kuartal sebelumnya.

Biasanya periode yang digunakan adalah selama lima tahun atau bahkan 10 tahun. Karena bisa melihat aktivitas perusahaan dalam satu siklus bisnis.

Adapun metode vertikal adalah metode untuk melihat kinerja keuangan perusahaan dengan membandingkan tiap pos. Misalnya saja membandingkan utang dengan aset yang berfungsi mengukur kesehatan perusahaan. Contoh lain adalah laba kotor dengan pendapatan yang bertujuan mengukur efisiensi perusahaan dalam mengelola biaya mendapatkan pendapatan.

Untuk mempermudah, investor bisa menggunakan 4 alat ukur berupa rasio keuangan dalam metode vertikal yakni rasio:

Valuasi Relatif Murah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading