Harga Emas Antam Hari Ini: Makin Mendekati Sejuta!

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
27 June 2022 09:35
Emas (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Melansir data dari situs resmi milik PT Antam, logammulia.com, harga emas batangan menguat Rp 2.000 per gram menjadi Rp 994.000 pada perdagangan Senin (27/6/2022).

Harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) juga naik Rp 2.000 per gram menjadi Rp 873.000/gram.

"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam.


Harga emas Antam sejalan dengan harga emas dunia yang naik pada akhir pekan lalu. Pada Jumat (24/6/2022) harga emas dunia tercatat US$ 1.826/troy ons, naik 0,22% dibandingkan dengan posisi hari sebelumnya.

Namun demikian, secara mingguan harga logam mulia melemah 0,7% point-to-point (ptp).

Tren penurunan harga emas dunia terjadi setelah bank sentral negara-negara maju agresif menaikkan suku bunga acuan. Tujuannya untuk menekan inflasi tinggi.

Dampak lainnya adalah kenaikan imbal hasil dan kupon obligasi pemerintah.

Situasi ini membuat pemilik modal dunia memburu obligasi pemerintah negara maju yang seringkali disertakan dengan aset safe haven, seperti halnya emas. Hal ini menjadi sentimen negatif bagi emas yang tidak menghasilkan imbal hasil.

Sanksi memboikot emas dari Rusia diperkirakan mampu mengangkat harga emas dalam jangka pendek. Ini karena Rusia adalah produsen emas terbesar ketiga di dunia. Jika pasokan dari Rusia tertahan, dampaknya harga emas berpotensi terungkit.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kamu Punya Logam Mulia? Antam Berani Bayar Mahal Nih!


(ras/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading