Weekend Mendung! Harga Emas Antam Batal ke Sejuta

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
28 May 2022 10:15
Emas Antam (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Melansir data dari situs resmi milik PT Antam, logammulia.com, harga emas batangan turun Rp 2.000 per gram menjadi Rp 988.000 pada perdagangan hari ini (28/5/2022).

Begitu juga dengan hargabuyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) berada di Rp 869.000/gram, turun Rp 3.000 per gram

"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam.


Harga emas Antam turun meskipun harga emas dunia menguat. Pada Jumat (28/5/2022) harga emas acuan dunia di pasar spot tercatat US$ 1.852/troy ons, naik 0,15% dibanding harga penutupan kemarin.

Harga emas dunia naik seiring dengan pelemahan dolar Amerika Srikat (AS). Melemahnya dolar membuat emas makin berkilau di mata investor.

Dollar Index (yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama) berada di level terendah sejak sebulan terakhir di 101,613.

FX Street.com mengatakan pelemahan harga emas juga didorong oleh kekhawatiran melemahnya perekonomian China serta resesi AS. Saat gonjang-ganjing ekonomi inilah emas kembali dilirik investor sebagai instrumen lindung nilai (hedging).

Akan tetapi, pandangan agresif The Fed menahan laju suku bunga beberapa waktu lalu. Sebab emas adalah aset tanpa imbal hasil. Sehingga meningkatkan biaya peluang investor ketika menyimpan emas batangan.

"Harga emas seharusnya bisa lebih tinggi jika tidak ada sinyal kebijakan The Fed yang agresif. Pergerakan inflasi di bulan-bulan mendatang akan sangat menentukan kinerja emas," tutur analis ANZ Bank, kepadaFX Street.

Harga emas dunia diyakini analis mampu melanjutkan tren positifnya. Wang Tao, analis pasar Reuters mengatakan harga emas dunia di pasar mampu menguat ke kisaran US$ 1.867/troy ons.

"Emas spot dapat menguji ulang resisten di US$1,867/troy ons. Penembusan di atas yang dapat menyebabkan kenaikan ke kisaran US$1,887 hingga US$1,892/troy ons," kata Wang dalam risetnya.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tutup Tahun 2021, Harga Emas Antam Naik Tajam! tapi....


(ras/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading