Meski Harga Naik, Beli Emas Antam Masih Murah Nih Bund..

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
17 May 2022 10:25
Emas Antam

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas Antam mulai naik pada perdagangan hari ini (17/5/2022), baik harga beli maupun harga jual seiring dengan emas dunia yang bangkit.

Melansir data dari situs resmi milik PT Antam, logammulia.com, harga emas batangan produk 1 gram di Rp 974.000/gram, naik Rp 7.000/gram atau 0,7% dari posisi sebelumnya.

Sementara harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) menguat Rp 6.000/gram atau 0,6% dibanding perdagangan kemarin. Pada perdagangan hari ini harga emas buyback tercatat Rp 858.000/gram.


"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam.

Gerak harga emas Antam sejalan dengan emas dunia yang menguat pada perdagangan kemarin. Pada perdagangan Senin (16/5/2022) harga emas acuan dunia di pasar spot ditutup di US$ 1.823,79/troy ons, naik 0,7% dari posisi sebelumnya.

Harga emas dunia menguat karena dolar AS yang cenderung stabil dan imbal hasil (yield) obligasi yang turun.

"Semua hal dipertimbangkan, emas bertahan. Itu harus secara signifikan lebih rendah, itu akan menemukan dukungan sedikit di bawah level US$ 1.800. Juga, ada permintaan yang sangat besar untuk emas fisik dan perak," kata ahli strategi pasar senior RJO Futures Bob Haberkorn.

Dollar Index yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, melemah 0,36% ke level 104,189 pada perdagangan kemarin. Di sisi lain, yield surat utang pemerintah AS terus turun dari level tertinggi 3,2%. Kemarin tercatat 2,8858%.

"Banyak yang masih menganggap emas sebagai undervalued secara signifikan, dan akan lebih ingin membeli logam sekarang karena harga telah melemah," ujar Fawad Razaqzada, analis pasar di City Index.

Analis pasar Reuters, Wang Tao, mengatakan harga emas spot untuk lanjut menguat terbuka lebar.

"Emas spot dapat naik ke kisaran US$ 1.867- US$ 1.878/troy ons, karena gelombang c dari US$ 1.909,55 mungkin telah selesai," kata Wang.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Emas Antam Naik Terus, Tapi Masih Jauh dari Puncak!


(ras/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading