Sebut Investasi Sederhana, Ini Saran dari Warren Buffett

Investment - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
03 May 2022 17:00
INFOGRAFIS, Frugal Living, Jurus Cepat Kaya Ala Warren Buffet

Jakarta, CNBC Indonesia - Investor kawakan asal Amerika Serikat (AS) Warren Buffett menyebut kegiatan berinvestasi merupakan permainan sederhana. Oleh karena itu, menurut dia, kegiatan ini bisa dilakukan tanpa membutuhkan penasihat keuangan di Wall Street.

Dalam pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway, Buffet juga menyebut penasihat keuangan hanya menangkap 'remah-remah' dalam kegiatan ekonomi.


"Anda dapat meminta monyet melempar anak panah serta mengelola biaya manajemen dan segalanya. Saya akan bertaruh pada monyet (dibanding penasihat keuangan)," ungkap Buffett dilansir dari CNBC Internasional, Selasa (3/5/2022).

CEO Berkshire Hathaway ini menunjukkan sejak 1941, Dow Jones Industrial Average telah meningkat dari US$ 100 menjadi di atas US$ 30.000. Adapun, kata dia, orang-orang hanya perlu memasukkan uang mereka ke dalam "bisnis Amerika" dan membiarkannya tumbuh.

"Sungguh menakjubkan betapa sulitnya orang membuat permainan yang sederhana. Tetapi tentu saja, jika mereka memberi tahu semua orang betapa sederhananya permainan itu, 90% dari pendapatan mereka akan hilang," ungkap dia.

Buffett merekomendasikan agar investor memasukkan uang mereka ke dalam indeks berbiaya rendah, di mana investasi terdiversifikasi secara otomatis, seperti S&P 500. Menurut dia, indeks yang terdiversifikasi adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menyiapkan tabungan pensiun.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Investasi Emas? Cek Pergerakan Harganya Sepekan Ini


(luc/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading