Bos DNA Pro Tertangkap, Ini Deretan Artis yang Terseret

Investment - chd, CNBC Indonesia
27 April 2022 09:40
Pasangan selebriti Rizky Billar dan Lesti Kejora tiba di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Rabu (20/4/2022). Pasangan suami istri yang datang bersama kuasa hukumnya Sandi Arifin itu akan diperiksa perihal robot trading DNA Pro.  (Dok Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akhirnya menangkap salah satu tersangka yang merupakan bos DNA Pro, yakni Eliazar Daniel Piri alias Daniel Abe.

Selain itu, Bareskrim Polri telah menerbitkan red notice terhadap tiga tersangka kasus robot trading DNA Pro.

"Iya (benar ditangkap), Daniel Abe," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Brigjen Whisnu Hermawan seperti dikutip CNBC Indonesia dari Detik.com, Selasa (26/4/2022) kemarin.


Whisnu membenarkan bahwa Daniel Abe ditangkap di Bandara Soetta. Dia disebut ditangkap pada Minggu malam.

Sebelumnya, polisi telah menerbitkan edaran daftar pencarian orang (DPO) tiga tersangka kasus robot trading DNA Pro. Red notice tiga tersangka juga telah diterbitkan.

"Tiga nama tersangka DPO kasus robot trading DNA PRO yang diterbitkan red notice," kata Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan dalam keterangannya, Jumat pekan lalu.

Berikut identitas 3 DPO yang diterbitkan red notice:

1. Nama: Fauzi alias Daniel Zii. Jenis kelamin: laki-laki.

2. Nama: Eliazar Daniel Piri alias Daniel Abe. Jenis kelamin: laki-laki

3. Nama: Ferawaty alias Fei. Jenis kelamin: perempuan

Kasus investasi bodong DNA Pro telah menyeret sejumlah artis yang ikut mempromosikan. Pekan lalu, Yosi Mokalu mendatangi Bareskrim Polri siang terkait pemeriksaan kasus DNA Pro.

Pentolan Project Pop itu datang sebagai saksi. Seperti pantauan Detik.com, Yosi hadir pada pukul 14.07 dengan menggunakan pakaian formal.

"Cuma sebagai saksi," kata Yosi di Bareskrim, Jumat (22/4/2022) pekan lalu.

Yosi juga mengaku sempat mengisi acara di Surabaya. Waktunya beberapa bulan lalu.

"Sempat mengisi acara di Surabaya. Beberapa bulan yang lalu," bebernya.

Disinggung lagi soal DNA Pro, Yosi langsung masuk. "Nanti pas keluar saja ya," pungkasnya.

Yosi bukan satu-satunya artis yang sempat menjadi bintang tamu salah satu kegiatan DNA Pro. Rossa juga sempat mengisi acara. Buntutnya, ia menjadi salah satu artis yang dipanggil pihak kepolisian kemarin.

Terkait detil pemeriksaan, Rossa mengaku tidak ingat betul berapa jumlah pertanyaan yang diajukan oleh penyidik. Ia hanya menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan oleh polisi secara kooperatif.

"Tadi saya ditanya oleh penyidik prosesnya berjalan lancar alhamdulillah. Saya menjawab apa yang ditanyakan, sebenarnya nggak terlalu panjang. Saya cukup jawab apa yang ditanya," kata Rossa di Bareskrim Mabes Polri

Yang terang, pertanyaannya seputar sejauh mana keterlibatan Rossa dalam kasus DNA Pro.

Kepada penyidik, ia menjawab hanya diundang sebagai penyanyi dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh mereka.

"Terkait keterkaitannya apa bahwa saya bernyanyi untuk sebuah acara yang diketahui DNA Pro. Jadi cuma satu kali nyanyi di acara," imbuh Rossa.

Selain Yosi Project Pop dan Rossa, beberapa artis juga sempat dipanggil polisi terkait investasi bodong DNA Pro. Adapun artis lainnya yakni Penyanyi Marcello Tahitoe alias Ello, di mana seharusnya ia menjalani agenda pemeriksaan olej Dadan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Senin, 18 April lalu. Namun, ia tidak hadir.

Ello meminta jadwal ulang hingga pekan depan.

Selain Ello, ada Billy Syahputra yang sudah diperiksa pada Selasa 19 April 2022. Selanjutnya artis seperti Rizky Billar dan Lesti Kejora sudah diperiksa pada Rabu, 20 April 2022.

Sebelumnya, Ivan Gunawan juga dipanggil tim penyidik Bareskrim Polri untuk diminta keterangan, pada Kamis, 14 April lalu. Dia ditanyai 20 pertanyaan dan akan mengembalikan kontrak yang diberikan DNA Pro.

"Jadi total kontrak yang diberikan DNA Pro hari ini saya kembalikan kepada Bareskrim. Intinya saya tidak merasa itu merupakan rezeki saya dan satu pelajaran besar yang saya bisa ambil betapa pentingnya kita tahu dan tidak mudah percaya yang mau pakai kita sebagai endorse atau model iklan," jelas Igun.

Igun juga memastikan kalau dirinya adalah seorang tokoh publik yang tidak mau menerima uang hasil tindak kejahatan. Di sisi lain, dirinya enggan menyebutkan berapa banyak kerugian yang dialaminya akibat hal ini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ivan Gunawan Hingga Ahmad Dhani Masuk Pusara Robot Trading


(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading