Harga Emas Antam Rontok Nih Bun.. Waktunya Beli Emas?

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
20 April 2022 09:45
Emas Antam

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga beli emas batangan yang dijual oleh PT Antam Tbk anjlok pada perdagangan hari ini, Rabu (20/4/2022).

Melansir data dari situs resmi milik PT Antam, logammulia.com, harga emas batangan produk 1 gram di Rp 995.000/batang, turun Rp 12.000/gram atau 0,12% dari posisi sebelumnya.

Mengikuti harga beli, harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) turut melemah. Pada perdagangan hari ini harga emas buyback tercatat Rp 899.000/gram, turun Rp 13.000.


"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam.

Dollar Index (yang mengukur posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) mencapai puncak selama lebih dari dua tahun menekan harga emas.

Sebab, emas dibanderol dengan dolar AS menjadi lebih mahal dibandingkan mata uang lain. Kemarin, harga emas dunia di pasar spot ditutup di US$ 1.949,84/troy ons, anjlok 1,45% dibandingkan hari sebelumnya.

Dollar Index naik didorong oleh pernyataan Presiden Fed St Louis James Bullard yang menyarankan kenaikan suku bunga bank sentral AS Federal Reserve/The Fed menjadi 3,5% pada akhir tahun.

"Komentar aneh dari pejabat Fed mendorong kenaikan suku bunga nominal dan riil di AS, membebani emas," kata analis UBS Giovanni Staunovo.

Kenaikan suku bunga memudarkan kilau emas sebagai aset tanpa imbal hasil dan meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan.

Phillip Streible dari Blue Line Futures memperkirakan dalam jangka pendek, harga emas masih akan tertekan karena ekspektasi kenaikan suku bunga acuan The Fed. Pasar memperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga acuan mereka. 

"Komentar hawkish dari pejabat The Fed akan menaikkan yield surat utang pemerintah AS. Dalam jangka pendek, harga emas mungkin akan jatuh. Harga emas kemungkinan bisa terus turun ke kisaran US$ 1.920," ujar Streible, seperti dikutip dari Reuters.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tutup Tahun 2021, Harga Emas Antam Naik Tajam! tapi....


(ras/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading