Bikin Heboh, Ternyata Binomo Perusahaan Antah Berantah

Investment - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
10 March 2022 08:30
Ilustrasi Binomo (Tangkapan layar Binomo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Binary option Binomo belakangan sedang ramai dibicarakan di Tanah Air. Platform ini dianggap menggunakan skema money games dan banyak korban yang mengaku rugi besar usai mencoba mengais rezeki dari platform ini.

Contohnya, kasus investasi bodong Binomo menyeret nama Indra Kesuma atau Indra Kenz yang dikenal sebagai crazy rich Medan masih berlangsung. Dia bersama beberapa orang lainnya dilaporkan ke pihak kepolisian oleh para korban Binomo.

Maru Nazara sebagai orang yang awal melaporkan Indra Kenz menyebutkan setidaknya ada 10.000 orang lebih yang menjadi korban Binomo di Indonesia. Menurut Maru, banyak orang yang terjerumus akibat flexing dan janji-janji manis afiliator.


"Tanpa afiliator tidak akan terjerumus, kami dijanjikan dan diiming-imingi kalau di sini bisa sukses," ungkap Maru kepada CNBC Indonesia, Selasa (8/3/2022).

Di Indonesia, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memasukkan Binomo dalam daftar investasi bodong karena tidak terdaftar dan berizin dari regulator Tanah Air. Situsnya sering diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tetapi tetap lahir yang baru.

Menurut Maru di awal memang orang-orang yang bergabung diberikan edukasi dan kelas khusus. Bukan cuma itu, afiliator seolah-olah memperlihatkan kalau apa yang mereka dapatkan itu nyata. Padahal menurut Maru, itu semua didapatkan dari hasil kekalahan trader.

"Kami yang hancur dan lost yang beragam, ada yg puluhan, ratusan, bahkan miliaran. Bahkan ada yang sampai stres hingga bunuh diri. Ini adalah manipulasi dan kejahatan luar biasa makanya kami bongkar," tegas Maru.

Maru juga menyebutkan berbagai kejanggalan yang menurutnya sudah dilaporkan dan ada buktinya ke kepolisian. Misalnya adalah saat afiliator memperlihatkan saldo rekening dalam jumlah besar di YouTube, menurut Maru itu palsu dan sudah di-setting oleh broker jahat.

"Ada juga yang mengalami baru saja deposit dan pas buka lagi, saldonya hilang tanpa histori. Kejanggalan lain, setelah profit, aplikasi error tiba-tiba dan pas normal saldo hilang," ungkap Maru.

Menurutnya banyak yang mengatakan Binomo ini judi, padahal, menurut Maru judinya hanya 10% hingga 15% sedangkan sisanya adalah penipuan trading 70-80%.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing berkata, aktivitas platform Binomo Cs tidak bisa dikatakan sebagai trading karena tak ada barang yang diperdagangkan di sana. Pengguna platform hanya bisa memprediksi gerak harga aset dan membuat tebakan apakah nilainya akan naik atau turun dalam jangka waktu tertentu.

"Pada dasarnya ini bukan trading karena tidak ada barang yang diperdagangkan di sana, hanya menebak beberapa menit atau jam ke depan harga naik atau turun. Kalau naik kita dapat keuntungan, kalau turun kita loss. Jadi ini merupakan kegiatan tebak-tebakan, prediksi yang tidak berkaitan dengan trading," kata Tongam dalam acara Investime CNBC Indonesia, dikutip Jumat (4/2/2022).

Binomo Cs menyediakan media untuk berjudi dengan melakukan aksi tebak-tebakan apakah harga suatu aset naik atau turun. Jika tebakan benar maka mereka akan menerima uang dari bandar dan sebaliknya jika kalah maka uangnya akan diambil.

Akan tetapi, ternyata pergerakan harga tersebut bukan berasal dari aktivitas riil melainkan diduga merupakan skema manipulasi di dalamnya. Dalam kasus yang ekstrem, chart harga atau candle stick dapat dimanipulasi sedemikian rupa agar menguntungkan pihak bandar.

Menelusuri Asal-usul Binomo

Tidak ada banyak informasi yang diketahui soal Binomo. Salah satunya Euronomics menyebut kantornya didirikan tahun 2014 berbasis Seychelles, negara kepulauan yang berada di Samudera Hindia, sekitar 1.600 km di bagian timur Benua Afrika serta sebelah timur laut Negara Madagaskar.

Tiburon Corporation Limited bertugas menjalankan websitenya. Serta juga ada berbagai cabang di beragam negara di seluruh dunia, dikutip dari Euronomics, Jumat (4/2/2022). Euronomics mencatat Indonesia jadi salah satu negara paling aktif selain India, China, Asia serta Brasil.

Selain itu ada juga yang menyebutkan lokasi perusahaan berasal dari ST Vincent and the Gradines yang berada di Karibia. Negara tersebut bukan anggota Financial Action Task Force (on Money Laundering) (FATF) yang punya aturan lemah terkait pencucian uang.

Untuk meyakinkan soal platform tersebut, Binomo menuliskan telah bersertifikat CROFR. Namun mengutip Investing.com, CROFR adalah pusat regulasi pasar keuangan Rusia dan tidak bisa dilacak kebenaran klaim itu.

Selain itu, Euronomics menuliskan Binomo berada di bawah regulasi International Financial Commission (IFC) dari Belize sebuah negara di Amerika Tengah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Binomo Cs, Mati Satu Tumbuh Seribu


(vap/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading