Wujudkan Pernikahan Idaman, Ini Cara Siapkan Tabungan Nikah

Investment - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
16 November 2021 10:58
Pernikahan kembali digelar di Beijing, China. Hal ini menjadi tanda industri pernikahan yang kembali normal. (AP/Ng Han Guan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pernikahan menjadi salah satu hal sakral dalam kehidupan seseorang. Pasalnya, pernikahan menjadi ikatan janji menyatukan dua sejoli ke dalam komitmen hidup bersama sehidup dan semati.

Namun, untuk mempersiapkan pernikahan, tidak cukup hanya bermodalkan cinta. Dari sisi mental dan finansial pun harus dipersiapkan dengan matang. Apalagi biaya pernikahan biasanya membutuhkan biaya yang besar dan bisa menguras tabungan di rekening.

Untuk itu, diperlukan persiapan tersendiri untuk dana pernikahan. Menentukan budget menjadi hal yang penting, karena setiap pasangan menginginkan pesta yang bisa dikenang. Penganggaran yang perlu dilakukan sebelum menikah adalah menyangkut tempat acara, dekorasi venue, jumlah tamu undangan, katering, baju pengantin, dan berbagai elemen lainnya, tergantung pada jenis pernikahan yang diidamkan.


Setelah mewujudkan pesta pernikahan yang diimpikan, perjalanan tidak selesai sampai di sana. Usai pesta pernikahan, berbagai kebutuhan finansial mulai menanti untuk dipenuhi dan masuk ke dalam anggaran tabungan dan pengeluaran. Kebutuhan finansial yang dimaksud dapat mencakup cicilan rumah, membeli kendaraan, perabotan, persiapan dana untuk anak, hingga kebutuhan yang lainnya.

Untuk itu, bagi pasangan yang berencana menikah, kamu perlu memiliki perencanaan keuangan yang baik demi mewujudkan pernikahan idaman serta kehidupan rumah tangga yang harmonis. Berikut sejumlah tips yang bisa kamu aplikasikan agar finansial kamu tetap terjaga.

1. Catat & Riset Kebutuhan Nikah

Pastikan semua kebutuhan nikahmu disiapkan dengan baik. Jangan sampai kelabakan kebutuhan pernikahan tidak lengkap di hari-H, akan repot jadinya. Setelah mencatat dan memastikan semuanya, teliti semua harga kebutuhan nikahmu.

Dengan melakukan riset, kamu akan tahu harga pasaran untuk kebutuhan nikah, seperti pakaian dan gedung maupun katering atau souvenir. Dengan begitu, kamu bisa mulai melakukan budgeting untuk berbagai kebutuhan nikahmu dan merencanakan jangka panjang persiapan keuangan.

2. Pisahkan Kebutuhan Pra Nikah dan Pasca Nikah

Memisahkan keuangan sebelum dan sesudah nikah menjadi hal yang sangat penting. Jangan sampai tercampur antara persiapan jangka pendek dan persiapan jangka panjang. Jika melakukan kedua hal tersebut tanpa perhitungan, maka rencana keuangan bisa menjadi kacau.

Untuk membantu memisahkan keuangan untuk kebutuhan sebelum dan sesudah pernikahan, kamu bisa menggunakan fitur Kantong yang ada di aplikasi Jago. Aplikasi Jago memungkinkan kamu memiliki 40 kantong untuk berbagai kebutuhan.

Selain itu, setiap Kantong bisa diberi nama yang sesuai dengan kebutuhanmu, contohnya seperti Kantong Resepsi, Kantong Cincin Kawin, Kantong Baju Pengantin, Kantong Buah Hati, Kantong Rumah Tangga, dan yang lainnya. Setelah memisahkan kebutuhan ke Kantong masing-masing, kamu bisa alokasikan dana (budgeting) untuk setiap Kantong.

3. Disiplin Menabung dan Berinvestasi

Disiplin dalam menabung dan berinvestasi menjadi hal yang sangat berguna agar tidak kelabakan nantinya. Ada banyak kebutuhan yang harus diperhatikan, terutama kebutuhan setelah berumah tangga, seperti biaya pendidikan anak, tabungan dana darurat, hingga kebutuhan hari tua.

Kedisiplinan dalam menabung dan berinvestasi akan lebih mudah terwujud dengan rajin mengonsumsi Fintamin D. Fintamin adalah vitamin finansial yang diracik Jago bersama sejumlah pakar kesehatan keuangan untuk membantu siapa saja yang ingin mencapai kesehatan keuangan.

Untuk menabung, fitur Kantong Terkunci menjadi andalan Fintamin D. Kantong Terkunci memastikan tabungan aman dari penggunaan sesukanya karena uang yang dimasukkan ke Kantong Terkunci akan dikunci hingga periode yang kamu tentukan. Durasi penguncian Kantong Terkunci bersifat fleksibel, mulai dari 14 hari hingga 6 bulan dan bisa diperpanjang lagi setelah kunci terbuka. Dengan demikian, kamu bisa mengunci Kantong hingga saat harus membayar untuk pengeluaran tertentu.

Menariknya, jumlah uang yang dikunci bisa ditambah terus seiring waktu (bukan hanya penyetoran satu kali di awal langsung). Uang yang dikunci pun bisa dimulai dari Rp 100 ribu saja (tidak harus langsung besar di awal).

Keuntungan lain dari menyimpan uang di Kantong Terkunci adalah kamu bisa menikmati bunga yang besarnya hingga 4% p.a. Jadi, saat Kantong Terkunci ini terbuka, kamu akan mendapatkan uang tambahan dari bunga, bukan hanya sejumlah uang yang ditabung.

Untuk investasi, kamu bisa berinvestasi reksa dana yang aman bersama Bibit. Bibit memiliki Robo Advisor yang sudah terbukti secara ilmiah dapat secara otomatis menyarankan portofolio reksa dana yang paling cocok dengan profil risiko-mu. Saat ini juga sedang berlangsung Fintamin D Game yang diselenggarakan oleh Jago. Dengan menabung investasi secara rutin di Bibit pakai Autodebit Jago, kamu bisa memenangkan hadiah menarik.

4. Terbuka dalam Mengatur Keuangan Bersama Pasangan

Komunikasi adalah salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan dalam menjalankan rumah tangga. Agar terhindar dari konflik, kamu bisa terbuka mengenai masalah keuangan dengan pasangan.

Pada zaman sekarang ini, kamu bisa mengatur keuangan bersama pasangan lebih mudah dengan menggunakan Kantong Bersama yang ada di aplikasi Jago. Kamu bisa membuat Kantong khusus untuk tabungan nikah di aplikasi Jago terlebih dahulu. Lalu, kamu tinggal mengundang pasangan untuk menabung bersama. Saat pasangan menerima undangan, Kantong akan berubah otomatis menjadi Kantong Bersama.

Setelah kamu dan pasangan bergabung di Kantong Bersama, kalian bisa memasang target menabung dan menentukan kapan target harus tercapai. Memantau kemajuan menabung setiap saat pun mungkin dengan Kantong Bersama biar makin semangat menabung. Kantong Bersama juga bersifat transparan loh. Kalian bisa melihat siapa yang belum transfer uang ke Kantong Bersama setiap bulan, sehingga bisa saling mengingatkan. Transaksi yang dilakukan melalui Kantong Bersama pun bisa dilihat oleh berdua.

Mengingat fungsinya yang mendukung dan membuat kolaborasi finansial menjadi mudah, praktis dan menyenangkan, Kantong Bersama juga bisa digunakan untuk mengatur keuangan bersama setelah pernikahan.

5. Utamakan Kebutuhan Prioritas

Semakin dewasa, tentunya kebutuhan akan semakin beragam, terutama setelah menikah. Untuk itu, kamu harus mengerti prioritas akan kebutuhan masa depan, seperti kehidupan setelah pernikahan dan membina rumah tangga. Daripada menghabiskan uangmu untuk hal yang bersifat konsumtif, kamu bisa menyimpan uangmu demi kelangsungan hidup keluargamu.

Nah, itu dia tips keuangan bagi kamu yang hendak menikah. Untuk membantumu mengatur keuangan sebelum dan sesudah pernikahan secara mudah, praktis dan cerdas, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Jago. Selain beberapa fitur di atas, aplikasi Jago masih memiliki banyak fitur unggulan yang bisa kamu rasakan manfaatnya setelah membuat akun Jago.

Kamu tidak perlu khawatir soal keamanan bertransaksi di Jago. Bank Jago memiliki izin beroperasi bank digital dari Bank Indonesia (BI) dan terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, uang kamu di Bank Jago juga dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Jadi tunggu apa lagi? Segera mulai menabung untuk pernikahan impianmu dan membangun keluarga kecilmu dengan pengelolaan keuangan yang jago bersama aplikasi Jago. Download aplikasi Jago sekarang.

 


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading