InvesTime

Waspada Tipuan Kaleng-kaleng Robot Trading!

Investment - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
28 October 2021 14:50
Infografis/ Harga saham Meroket terus, ini 9 Saham Cuan Ribuan Persen Selama Setahun/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Akhir-akhir ini marak di tengah masyarakat Indonesia fenomena robot yang digunakan untuk trading. Robot-robot itu dijajakan dengan iming-iming keuntungan yang tinggi dan konsisten.

Namun bukannya untung, malah buntung. Sejumlah netizen pun mengunggah mengalami kerugian besar. Bahkan ada pula yang melaporkan kerugian ini ke aparat kepolisian.

Salah satunya adalah pelaku trading valas dengan skema money game dan ponzi yang ditawarkan oleh Sunton Capital, platform robot trading yang diketahui asal Inggris.

Menurut pengamat pasar uang, Ariston Tjendra, masyarakat harus lebih selektif dalam melihat penawaran-penawaran robot trading. Bila ada janji keuntungan besar yang konsisten, bisa dipastikan itu merupakan skema penipuan.

"Investasi punya prinsip high return high risk, jadi kalau tak ada risiko itu bodong, termasuk investasi yang menawarkan robot trading," ujarnya dalam program Investime CNBC Indonesia, Selasa, (26/10/2021).

Ia menyebut bahwa hampir mustahil robot trading bisa mendatangkan keuntungan besar secara terus menerus. Pasalnya robot trading sebenarnya dijalankan dengan strategi yang telah ditentukan oleh manusia dan dirancang dalam sebuah algoritma. Strategi ini bisa saja menemui kesalahan sehingga menimbulkan kerugian

"Tapi bukan berarti robot selalu profit karena robot kan pakai strategi kita sendiri," tambahnya.

Aristin juga menyebut bahwa para calon pengguna robot harus lebih selektif dan kritis dalam melihat penawaran produk itu. Ia meminta agar calon pengguna melakukan assessment mengenai performa robot itu secara historis.

"Kita harus kritis ya sebagai calon pengguna. Kita harus mengetahui performa robot tersebut 3 tahun ke belakang gimana. Apa profit konsisten atau tidak. Lalu juga drawdown dengan melihat berapa besar equity yang perlu kita investasikan untuk menggunakan robot ini. Jadi harus kita lebih kritis."



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading