Harga Emas Antam Bisa Sejuta Lagi? Ngimpi...

Investment - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
23 October 2021 09:10
Ilustrasi Emas Antam. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas Logam Mulia milik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk hari ini naik. Namun untuk menembus Rp 1 juta/gram sepertinya masih jauh panggang dari api.

Pada Sabtu (23/10/2021), harga Logam Mula berada di Rp 928.000/gram. Naik Rp 3.000 dari hari sebelumnya.

Sementara harga pembelian kembali (buyback) adalah Rp 815.000/gram. Naik Rp 4.000 dibandingkan kemarin.


Harga Logam Mulia Antam akan bergerak seiring dinamika harga emas dunia. Bulan ini, harga emas dunia 'diramal' mendatar saja.

"Harga emas turun 3% bulan lalu, dan untuk Oktober 2021 sepertinya akan bergerak mendatar. Harga emas akan tertahan oleh tren penguatan dolar Amerika Serikat (AS) dan kekhawatiran normalisasi kebijakan moneter yang dipercepat," tulis Shrea Paul, Analis Refinitiv, dalam risetnya.

Ke depan, lanjut Paul, nasib harga emas akan ditentukan oleh arah kebijakan moneter, terutama di AS. Apabila sinyal pengurangan 'dosis' pembelian aset atau tapering oleh The Federal Reserve/The Fed semakin kuat, maka dolar AS akan semakin perkasa dan menekan harga emas.

Namun ada perkembangan baru yang juga akan mempengaruhi harga emas, yakni krisis energi di berbagai negara. Mahalnya harga komoditas energi akan menyebabkan percepatan laju inflasi.

Saat inflasi semakin tinggi, emas akan diuntungkan. Sebab, emas adalah aset yang 'kebal' terhadap gerusan inflasi sehingga cenderung menjadi pilihan pelaku pasar.

Untuk bulan ini, Paul memperkirakan level support harga emas berada di kisaran US$ 1.680-1.635/troy ons. Sedangkan level resistance berada di rentang US$ 1.795-1.833/troy ons.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Lumayan, Harga Emas Antam Naik Seceng Nih


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading