Harga Emas Pegadaian Hari Ini Turun Seceng! Borong, Moms...?

Investment - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
01 October 2021 10:34
Ilustrasi Emas Pegadaian. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas di PT Pegadaian (Persero) turun tipis pada perdagangan hari ini. Harga jual maupun beli sama-sama terkoreksi.

Pada Jumat (1/10/2021), harga jual emas acuan di Pegadaian tercatat Rp 857.000/gram. Turun tipis Rp 1.000 dibandingkan hari sebelumnya.

Sedangkan harga beli berada di Rp 831.000/gram. Juga turun Rp 1.000.


Berikut harga emas di Pegadaian selengkapnya:

Setelah menguat tajam kemarin, harga emas dunia terkoreksi pada perdagangan hari ini. Pada pukul 09:35 WIB, harga emas dunia di pasar spot turun tipis 0,03%. Kemarin, harga melesat nyaris 2%.

Koreksi harga emas terjadi akibat nilai tukar mata uang dolar Amerika Serikat (AS) yang kembali menguat. Pada pukul 09:38 WIB, Dollar Index (yang menggambarkan posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) naik 0,08%. Kemarin, indeks ini melemah 0,11%.

Harga emas dan kurs dolar AS punya hubungan yang berbanding terbalik. Saat mata uang Negeri Paman Sam perkasa, maka harga emas bakal merana.

Ini karena emas adalah aset yang dibanderol dalam dolar AS. Ketika dolar AS menguat, emas jadi lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lain. Permintaan emas turun, harga pun mengikuti.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading