Emas di Pegadaian Tiap Hari Makin Murah, Mau Borong Bunda?

Investment - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
29 September 2021 10:40
Pegawai merapikan emas batangan di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Kamis (22/4/2021). Harga emas batangan yang dijual Pegadaian mengalami penurunan nyaris di semua jenis dan ukuran /satuan.  (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas acuan dan batangan di Pegadaian kembali turun pada perdagangan Rabu (29/9). Meski tipis tapi penurunan yang terus terjadi belakangan ini membuatnya berada di level termurah dalam 6 bulan terakhir.

Melansir data dari situs resmi Pegadaian, harga jual emas acuan turun 0,11% ke Rp 858.000/gram. Level tersebut merupakan yang termurah sejak 1 April lalu. Harga beli emas acuan juga sama, turun ke Rp 832.000/gram.

Sementara untuk emas batangan, Antam standar dan batik lagi-lagi stagnan. Emas Antam retro dan UBS yang kembali turun.


Antam retro merupakan emas batangan kemasan lama dimana emas dan sertifikatnya terpisah. Emas Antam retro terakhir kali diproduksi pada tahun 2018. Pegadaian menjualnya mulai satuan 0,5 gram hingga 100 gram, dengan penurunan di kisaran 0,15% hingga 0,22%.

Sementara emas UBS tersedia lengkap mulai satuan 0,5 gram hingga 1.000 gram, penurunannya hari ini di kisaran 0,11% hingga 0,19%.

Berikut daftar lengkap harga emas di Pegadaian.

idr


Jebloknya emas dunia tersebut akan berdampak ke emas di Pegadaian besok. Meski demikian ada faktor lain yang mempengaruhi, yakni nilai tukar rupiah serta supply-demand.

Terus menurunnya harga emas di Pegadaian terjadi akibat jebloknya harga emas dunia. Kenaikan imbal hasil obligasi AS (Treasury) membuat emas dunia kemarin merosot hingga 0,92% ke US$ 1,733,68/troy ons.

Faktor lainnya tersebut membuat persentase penurunan/kenaikan emas di Pegadaian bisa lebih besar/kecil, bahkan terkadang berlawanan arah.

TIM RISET CNBC INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]

(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading