Gojek dkk Suntik Fintech Pluang Rp 786 M, untuk Apa?

Investment - Monica Wareza, CNBC Indonesia
13 September 2021 15:15
-	Telkomsel dan Gojek kembali melanjutkan kolaborasi pada layanan unggulan keduanya dengan menghadirkan Paket Data Telkomsel guna meningkatkan produktivitas mitra UMKM GoFood

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan rintisan berbasis teknologi finansial (financial technology/Fintech) Pluang mendapatkan pendanaan total US$ 55 juta atau setara dengan Rp 786,5 miliar (asumsi kurs Rp 14.300/US$) dari konsorsium investor sepanjang tahun ini. Dana ini akan digunakan oleh perusahaan untuk mempercepat adanya produk baru dan merekrut talenta yang sesuai dengan bisnis perusahaan.

Pendanaan tersebut terdiri dari pendanaan tambahan senilai US$ 35 juta (Rp 500,5 miliar) yang didapatkan baru-baru ini. Setelah sebelumnya pada Maret, perusahaan mendapatkan pendanaan senilai US$ 200 juta (Rp 286 miliar).

Penggalangan dana ini dipimpin oleh Square Peg dan memiliki konsorsium yang beranggotakan Susquehanna International Group (SIG), UOB Venture Management, beserta investor existing Pluang, termasuk Go-Ventures dan Openspace Ventures.


Secara rinci, dana ini akan digunakan untuk mempercepat peluncuran produk baru guna memenuhi permintaan konsumen. Selain itu juga untuk merekrut orang-orang terbaik, untuk mencapai misi Pluang yaitu membantu semua orang merasakan serunya berinvestasi secara bijak.

Saat ini Pluang menyediakan akses investasi emas, Micro E-Mini Index Futures, reksa dana, dan aset kripto kepada investor ritel Indonesia. Investasinya pun bisa dimulai dari Rp 10 ribu di beberapa kelas aset.

"Kami beruntung terus menambah investasi kami di Pluang pada setiap seri pendanaannya, menjadikan Pluang sebagai salah satu portofolio utama kami. Kami selalu kagum atas inovasi produk, pertumbuhan bisnis Pluang, dan unit ekonomi yang terbaik di kelasnya. Kami berharap untuk terus bekerja sama dengan tim Pluang dalam tahun-tahun mendatang," kata Aditya Kamath, Partner Go-ventures dalam siaran pers, Senin (13/9/2021).

Hingga saat ini terdapat tiga juta orang telah mendaftar di Pluang. Perusahaan menekankan pentingnya edukasi tentang investasi dan penciptaan kekayaan jangka panjang.

Untuk menciptakan ekosistem, perusahaan telah bekerja sama dengan ekosistem perusahaan teknologi besar, termasuk Gojek, Dana, dan Bukalapak. Ke depan, perusahaan berencana menambah kemitraan dengan mitra bisnis lainnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading