InvesTime

Generasi Sandwich Bisa kok Merdeka Finansial, Ini Rahasianya!

Investment - Yuni Astuti, CNBC Indonesia
18 August 2021 18:50
Business concept with copy space. Office desk table with pen focus and analysis chart, computer, notebook, cup of coffee on desk.Vintage tone Retro filter, selective focus. (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perencana Keuangan dari Mitra rencana Edukasi, Mike Rini menegaskan bahwa generasi sandwich bisa mencapai merdeka finansial dan rahasianya ada untuk menuju hal tersebut.

Generasi sandwich biasa diartikan sebagai generasi di mana terhimpit kebutuhan finansial orang tua dan anak. Seperti isian sandwich yang terjepit di antara dua roti, maka itu generasi di posisi ini sering disebut dengan generasi sandwich.

"Generasi sandwich berarti dia harus membiayai orang tua dan anak-anaknya. Merdeka finansial itu working in progress. Caranya disiplin, kerja keras dan waktu," katanya kepada CNBC Indonesia, dalam program InvesTime, Senin (16/8).


Dia mengatakan, sedini mungkin adalah waktu yang tepat untuk mencapai merdeka finansial dan disesuaikan dengan kemampuan finansial.

Bagi generasi yang terhimpit di antara harus membiayai orang tua dan keluarga kecilnya sendiri, waktu adalah jawabannya.

"Misalnya mampu (alokasikan) 10% setelah dikurangi biaya lain. Anda tetap harus disiplin. Nilai 10% itu akan berkalilipat dengan catatan jangka panjang," ujarnya.

Namun yang pasti, lanjutnya, yang harus dilakukan adalah bisa meningkatkan nilai tabungan sejalan dengan meningkatnya pendapatan. Untuk itu, jangan putus asa dan berkecil hati.

"Dengan disiplin, konsisten, dan produk investasi yang tepat maka generasi sandwich bisa mencapai kemerdekaan finansial," ujarnya lagi.

Guna mencapai merdeka finansial atau bisa menghidupi tanpa harus bekerja lagi, investasi memang menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan.

Persiapan menuju merdeka finansial ini memang dilakukan secara jangka panjang di mana instrumen berbasis saham menjadi salah satu pilihannya.

"Reksa dana saham sampai (membeli) saham, kemudian emas juga boleh," katanya lagi.

Persiapan menuju merdeka finansial ini bertujuan agar di masa depan bisa memiliki passive income. Istilah merdeka saham dalam perencanaan keuangan berarti kondisi di mana seseorang dapat membayar kebutuhan hidup setiap bulan tanpa harus bekerja.

"Secara perencana keuangan artinya punya pasif income dan cukup membayar biaya rutin. Kalau sudah punya itu, sudah siap merdeka finansial," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Live Now! Umur 30 Merdeka Finansial, Halu Gak sih?


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading