InvesTime

Gak Cuma LQ45, Ternyata Indeks Saham Ini Bisa Jadi Acuan

Investment - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
26 July 2021 19:07
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks LQ45 yang berisi 45 saham unggulan, kerap menjadi patokan investor ritel yang ingin memiliki saham dengan kapitalisasi besar dan fundamental kuat.

Padahal menurut analis, masih ada banyak indeks lainnya juga yang bisa dijadikan acuan, sebut saja seperti IDX30, IDX80, IDX ESGLĀ (Environmental, Social, dan Governance), dan IDX Quality 30 (IDXQ30).

Analis PT Indo Premier Sekuritas Mino, mengatakan tidak hanya LQ45, banyak pilihan indeks lainnya yang bisa menjadi acuan di BEI.


"Sebenarnya di bursa ada banyak indeks tidak hanya LQ45, misal IDX80 atau IDX30, itu isinya juga saham-saham yang masuk kriteria yang mumpuni, tidak sembarangan yang dimasukkan ke situ," kata Mino dalam programĀ Investime CNBC Indonesia, Kamis (22/7).

Saat ini acuan investor memang pada Indeks LQ45, karena dianggap prestisius. Berisikan 45 saham paling likuid di pasar modal dengan fundamental kinerja yang prospektif.

Disebut prestisius lantaran syarat dan ketentuan bagi emiten untuk masuk ke indeks ini sangat ketat sehingga dalam periode tertentu hanya ada 45 saham anggota LQ45.

Indeks ini pun menjadi acuan bagi pelaku pasar, termasuk investor ritel dan institusi semacam pengelola reksa dana dan dana pensiun serta asuransi.

Tentunya, katanya, tim seleksi saham-saham yang akan menjadi anggota LQ45 tentunya tidak akan sembarangan memasukkan saham yang meragukan untuk masuk menjadi konstituen LQ45.

Emiten tersebut perlu memiliki kondisi keuangan yang sehat, prospek pertumbuhan yang tinggi, serta nilai transaksi yang likuid agar bisa dipertimbangkan masuk ke dalam saham LQ45.

Adapun BEI melakukan evaluasi mayor setiap 6 bulan sekali, yakni Februari-Juli dan Agustus-Januari, sementara evaluasi minor pada Mei-Juli

Adapun IDX30 adalah indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Sementara IDX80 yakni indeks yang mengukur kinerja harga dari 80 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang juga baik.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading