InvesTime

Emas Jadi Investasi 'Kebal' Corona, Yakin nih?

Investment - Monica Wareza, CNBC Indonesia
25 June 2021 19:09
Dok Antam

Jakarta, CNBC Indonesia - Situasi pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia dan di banyak negara di dunia kembali meningkat sehingga menimbulkan kekhawatiran bagi investor untuk memilih instrumen yang paling cocok untuk lindung nilai asetnya alias safe haven.

Emas dinilai menjadi pilihan paling tepat untuk menempatkan dana bagi investor saat ini.

Head of IT Digital Banking Development Group PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) Riko Wardhana mengatakan harga emas sepanjang tahun ini memang mengalami fluktuasi harga.


Namun diprediksi beberapa bulan ke depan ada kemungkinan harga emas akan mengalami peningkatan.

"Kalau kita lihat beberapa hari ini ada kecenderungan ada peningkatan [harga emas]," kata Riko dalam program Investime, Rabu (23/6/2021).

"Dan kalau kita optimis kita melihat emas akan terus bisa bertahan. Walaupun memang kita lihat ada fluktuatif untuk koreksi tapi secara overall di dalam beberapa bulan ke depan ini ada kecenderungan untuk tetap bisa positif kalau kita lihat dari situasi yang ada sekarang," tegasnya.

Beberapa sentimen yang akan membawa kenaikan harga emas ini seperti ketidakpastian yang ditimbulkan karena mulai kembali diterapkannya berbagai pembatasan akibat kembali meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia dan akan berdampak pada tingkat konsumsi masyarakat.

Dia menilai, kondisi yang tidak pasti biasanya akan cenderung membawa masyarakat untuk memilih aset-aset yang dinilai aman alias safe haven, dan emas adalah salah satu dari instrumen yang aman tersebut.

Mulai banyaknya akumulasi pembelian emas ditambah dengan masih akan terjadinya pengetatan pergerakan masyarakat ini juga akan berdampak pada peningkatan harga emas dalam beberapa waktu ke depan.

"Isu terkait rencana peningkatan suku bunga yang lebih cepat itu juga akan mempengaruhi. Dan ini kembali lagi situasionalnya adalah semua melihat ini adalah masa transisi," jelasnya.

Melansir data dari logammulia.com, harga emas Antam satuan 1 gram hari ini dibanderol RP 932.000/batang, sama persis dengan harga Kamis kemarin.

Emas batangan yang dijual PT Aneka Tambang (Antam) Tbk ini tersedia mulai satuan 0,5 gram hingga 1.000 gram. Satuan 100 gram yang biasa menjadi acuan dijual Rp 87.412.000/batang atau Rp 874.120/gram.

Naik turun harga emas Antam sangat dipengaruhi pergerakan harga emas dunia. Pada perdagangan Kamis, harga emas dunia melemah 0,2% ke US$ 1.775,18/troy ons, setelah sebelumnya sempat menguat ke US$ 1.787,71/troy ons.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading