Mulai Tren Impact Investing, 'Barang' Apa Sih Itu?

Investment - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 June 2021 14:12
Ilustrasi Investasi (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Istilah impact investing mungkin sudah mulai terdengar beberapa waktu belakangan. Tapi sebenarnya ini berbeda dengan tren investasi lainnya. Seperti namanya, investasi itu akan memberikan dampak namun bukan dalam bentuk sumbangan.

"Impact itu kan berdampak sebenarnya, dampak inilah yang tidak hanya dalam bentuk charity memberikan sumbangan kayak filantropis gitu," kata Ketua Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) Jefri Sirait dalam program PROFIT CNBC Indonesia, Rabu (23/6/2021).

Namun, menurut dia, investasi ini tidak hanya untuk mencari profit, melainkan melakukan hal-hal yang bersifat sosial.

"Social business yang ingin kami katakan impact investment tidak hanya kita mencari profit tapi bagaimana kita juga berguna untuk banyak hal," ujarnya.



Dia menambahkan hal tersebut bisa terpacu dari tujuan pembangunan berkelanjutan yang berasal dari PBB. Termasuk yang terkait kemiskinan, gender, energi terbarukan hingga sanitasi.

Dampak yang ingin dilakukan bukan hanya mencakup lokal namun mencapai global. Sebab, menurut Jefri, hal ini tidak masuk dalam ekosistem lokal.

"Karena lokal kita main secara regional dan bermain globally," kata dia.

Jefri mengatakan jika investor tertarik sejak lama terkait isu lingkungan sejak lama. Dia mencatat sudah tercata sejak tahun 1980-1990an.

Saat itu isu yang dibawa, yakni mengenai ancaman karbon dan pengelolaan hutan produksi lestari.

"Jadi hal-hal yang memang membuat satu hal yang kita memang aware harus aware terhadap sosial, environment dan terkait pemerintah," jelasnya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading